Advertisement

Fadli Zon Tak Setuju Nama Ibu Kota Indonesia "Nusantara": Usul Saya "Jokowi"

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 18 Januari 2022 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Fadli Zon Tak Setuju Nama Ibu Kota Indonesia Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Fadli Zon - Tangkapan layar Youtube Fadli Zon Official

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai ‘Nusantara’ kurang cocok untuk nama Ibu Kota baru Indonesia di Kalimantan Timur. Menurutnya nama yang cocok adalah Jokowi. 

Hal itu ia sampaikan dalam Twitter pribadinya @fadlizon. "Usul saya nama Ibu Lota langsung saja "Jokowi". Sama dengan Ibu Kota Kazakhstan "Nursultan" (dari nama Presiden Nursultan Nazarbayev)", kata Fadli lewat cuitannya di akun Twitter @fadlizon, dikutip Selasa (18/1/2022).

Advertisement

Menurut Fadli, istilah Nusantara memiliki makna tersendiri, yakni wilayah Indonesia secara umum. Dia menilai kurang cocok, jika Nusantara sebagai nama satu wilayah saja.

Baca juga: Nama Ibu Kota Indonesia yang Baru adalah Nusantara

"Nusantara kurang cocok, jadi nama Ibu Kota baru. Nusantara punya pengertian sendiri sebagai wilayah Indonesia, belum lagi ada Wawasan Nusantara," kata Fadli yang juga anggota DPR RI.

Diketahui, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monaorfa, sebagai perwakilan pemerintah di rapat Panitia Kerja (Panja) RUU (Ibu Kota Negara (IKN), menyampaikan bahwa nama IKN baru yang disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah "Nusantara".

"Saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden yaitu pada hari Jumat. Jadi sekarang hari Senin, hari Jumat lalu, dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara," jelas Suharso pada rapat panja di gedung DPR RI, Senin (17/1/2022).

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

UGM Bangun Kawasan Kerohanian Lima Agama, Ini Lokasinya

Sleman
| Minggu, 22 Mei 2022, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik Gunungkidul, Sempatkan Singgah ke "Surga Kecil" yang Satu Ini

Wisata
| Sabtu, 21 Mei 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement