Ini Tips Aman Konsumsi Air Minum dalam Kemasan

Ilustrasi air minum dalam kemasan
10 Januari 2022 22:57 WIB Ni Luh Anggela News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Air minum dalam kemasan (AMDK) seolah tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Bahkan, sudah banyak perusahaan yang memproduksinya di Indonesia. Selain praktis, mereka juga mudah dapat Anda jumpai dimanapun.

Biasanya sebelum beredar di pasaran, AMDK perlu mengantongi izin dari Badan POM dan LPPOM MUI terkait kualitas dan kehalalan produknya. Nah, untuk menghindari keberadaan minuman-minuman air mineral bodong atau AMDK illegal, ada baiknya untuk mengetahui kiat aman mengonsumsi AMDK.

Berikut beberapa kiat aman yang wajib Anda ketahui, melansir IndonesiaBaik.id, Senin (10/1/2021).

1. Pastikan informasi sumber mata air

Bila Anda memerhatikan kemasan pada air mineral, biasanya Anda akan menjumpai nama sumber mata air yang digunakan oleh perusahaan. Nah, air mineral yang sudah dijamin kualitasnya, berasal dari gunung atau air bawah tanah. Jadi, sebelum membeli, jangan lupa perhatikan informasi sumber mata airnya.

2. Cek standardisasi

Selain memerhatikan informasi sumber mata air, Anda juga perlu memastikan apakah produk air minum kemasan telah mendapat izin edar dari Badan POM dan Halal oleh LPPOM MUI.

3. Perhatikan kondisi kemasannya

Jangan lupa, pastikan AMDK dalam kondisi yang baik, tidak bocor, dan masih tersegel dengan rapat. Jangan dibeli apalagi diminum, bila kondisi kemasanya sudah tidak dalam kondisi yang baik.

4. Perhatikan warna, rasa dan bau airnya

Air yang aman dikonsumsi tidak berwarna atau terlihat jernih, tidak berbau dan tidak memiliki rasa.

5. Cek masa kedaluwarsanya

Hal terpenting namun sering dilupakan adalah masa kedaluwarsanya. Karena itu sebelum membeli, jangan lupa untuk mengecek informasi sumber mata air, standarisasi, kondisi kemasan, hingga masa kedaluwarsanya ya.

Meskipun agak sedikit rumit, setidaknya dengan cara-cara ini, Anda bisa terhindar dari keberadaan minuman-minuman air mineral bodong atau AMDK illegal yang kita tidak tahu kandungan air di dalamnya. Jadi, jangan sampai buru-buru membeli meskipun Anda sedang haus ya!

Sumber : JIBI/Bisnis.com