Advertisement

Malaysia Minta 32.000 Pekerja Asal Indonesia Kerja di Sawit, Menaker Bilang Begini..

Nyoman Ary Wahyudi
Senin, 06 Desember 2021 - 09:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Malaysia Minta 32.000 Pekerja Asal Indonesia Kerja di Sawit, Menaker Bilang Begini.. Lahan perkebunan kelapa sawit. - Ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Malaysia meminta 32.000 pekerja asal Indonesia untuk bekerja di perkebunan sawit. Namun Pemerintah belum dapat menempatkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di sektor tersebut.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengatakan pemerintah belum berencana untuk menempatkan pekerja Indonesia di Negeri Jiran lantaran belum rampungnya MoU Penempatan dan Perlindungan Pekerja Domestik. MoU Penempatan dan Perlindungan Pekerja Domestik sudah habis sejak 2016. 

Advertisement

“Nah, ini kan MoU sudah habis di 2016 dan harus diperbaharui. Kita lakukan pembahasan dan penandatanganan ulang untuk membangun tata kelola penempatan PMI,” kata Ida melalui siaran pers, Minggu (5/12/2021). 

Hal itu disampaikan Ida saat menerima kunjungan Menteri Perusahaan Perladangan dan Komoditi Malaysia, Datuk Zuraida Kamaruddin di Gedung Kemenaker, Minggu (5/12/2021).

Menurut Ida, persoalan penempatan PMI di Malaysia tidak hanya terkait perkebunan sawit, tapi sektor lainnya terdapat persoalan yang jauh lebih besar, yaitu menyangkut pekerja domestik. 

Dia menambahkan terdapat sejumlah isu ketenagakerjaan lainnya yang mesti dibahas terlebih dahulu terkait penempatan PMI ke Malaysia. Hal itu untuk memastikan agar Pemerintah Malaysia dapat memberikan perlindungan bagi PMI di semua sektor yang lebih baik lagi. 

"Nah, ini harus selesai dulu. MoU ini harus ditandatangani, baru masalah lain mengikuti itu. Kami ingin agar perlindungan pekerja migran kita lebih baik lagi dan lebih diseriusi," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Baznas Kota Jogja Luncrukan Madrasah Al-Quran bagi Difabel Tuna Netra

Jogja
| Kamis, 18 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement