Advertisement

Jokowi Sudah Perintahkan Jajarannya untuk Siaga terhadap Omicron

Newswire
Kamis, 02 Desember 2021 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jokowi Sudah Perintahkan Jajarannya untuk Siaga terhadap Omicron Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan arahan kepada jajaran untuk mewaspadai varian baru Covid-19 yakni Omicron.

Pratikno menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah memanggil beberapa menteri terkait. Di antaranya Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Advertisement

"Bapak Presiden memanggil beberapa menteri yang terkait. Ada Menteri Koordinator Marives, Menko Perekonomian, Menlu diwakili Wamen dan ada beberapa menteri lain, yang secara spesifik membahas Omicron," ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Pratikno menyebut Jokowi meminta seluruh jajaran terkait untuk belajar dari beberapa pengalaman di negara-negara lain terkait Omicron.

Menurutnya semua harus waspada dan siaga terhadap penyebaran varian baru Omicron.

Baca juga: Luhut Minta Pengembangan Destinasi Wisata Super Prioritas Kedepankan Kualitas

"Belajar dari beberapa negara lain dengan adanya kasus ini. Intinya kita harus selalu waspada, selalu standby. Jadi semua kapasitas yang ada harus selalu siaga. dalam waktu dekat, akan ada penjelasan lebih lanjut dari Menko terkait," tutur Pratikno.

Pratikno melanjutkan, dalam arahannya, Jokowi meminta semua pihak untuk selalu waspada terhadap kemungkinan masuknya varian Omicron.

"Selalu mengikuti dinamika di lapangan dan bereaksi cepat terhadap kemungkinan itu," ungkap Pratikno mengutip pernyataan Presiden.

Selain meminta semua jajaran waspada, Jokowi kata Pratikno juga mengingatkan program percepatan vaksinasi.

"Karena kita juga akan mendapatkan lagi stok vaksin yang bertambah. Kita percepat vaksinasi. Tentu saja protokol kesehatan tetap dijaga," kata Pratikno.

Kewaspadaan dan kecepatan beraksi juga diminta Jokowi yakni dengan mengaktifkan rumah sakit darurat untuk siaga terhadap penyebaran virus varian baru.

"Kewaspadaan, kecepatan beraksi seandainya ada masalah terus dijaga. Oleh karena itu tadi juga beliau bertanya seandainya ada kasus, bagaiaman rumah sakit rumah sakit darurat itu diaktifkan, semua menyatakan tetap siaga. Jadi kita tetap siaga," katanya

Untuk diketahui, pada 26 November 2021 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan varian Omicron COVID-19 sebagai "varian yang menjadi perhatian".

Kasus varian Omicron telah menyebar ke seluruh dunia, dengan kasus antara lain dilaporkan di Jepang, Belanda, dan Kanada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement