Advertisement

Ini 10 Burung Terindah di Dunia, Termasuk Merak

Intan Riskina Ichsan
Jum'at, 26 November 2021 - 22:57 WIB
Bhekti Suryani
Ini 10 Burung Terindah di Dunia, Termasuk Merak Burung merak mengembangkan bulu ekornya di Taman Safari Gurun Putih Lestari di Jantho, Aceh Besar, Aceh, Minggu (9/2/2020). - ANTARA / Irwansyah Putra

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Dengan lebih dari 10.000 spesies burung di seluruh dunia, banyak di antaranya sangat indah. Keindahan burung menawarkan berbagai bentuk, warna, dan pola yang unik sehingga para pecinta burung semakin menyukainya.

Burung yang indah tidak dinilai hanya dari penampilan warnanya saja tapi juga dilihat dari pola rumit, bulu, kilau indah, paruh, dan banyak lagi. Berikut 10 burung paling indah yang memancarkan keunikannya tersendiri dilansir dari The Coolist:

1. Bohemian Waxwing

Burung Boheman Waxwing di urutan pertama adalah burung berukuran sedang dengan kepala jambul yang khas dan topeng hitam. Mereka sebagian besar berwarna coklat keabu-abuan dengan bulu di bawah ekor berwarna kayu manis dan kuning. Tepi bulu berwarna merah kian mempercantik tampilannya.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dapat ditemukan di Amerika Utara di mana mereka tinggal di hutan boreal yang bersarang di cabang-cabang pohon. Mereka adalah burung migran yang bergerak dalam kawanan besar ke barat laut Amerika Serikat selama musim dingin.

2.  Macaw Eceng Gondok

Juga dikenal sebagai "macaw biru" karena bulu biru birunya yang mengesankan dan selaras dengan pita kuning di sekitar mata. Macaw eceng gondok adalah spesies burung beo terbang terbesar, berukuran 40 inci yang luar biasa panjangnya.

Lebar sayap menyebar hingga empat kaki dan dapat teridentifikasi dari paruh hitamnya yang melengkung dan ekor panjang yang menawan. Secara asli mendiami Amazon khususnya padang rumput sabana di Brasil, sayangnya, burung terindah ini terus berkurang populasinya. Saat ini hanya ada sekitar 5.000 burung yang menghuni alam liar, hal ini dikarenakan burung ini kerap diburu dan juga habitatnya yang kian menyusut.

3. Bebek Kayu

Bebek kayu menonjol sebagai salah satu burung air tercantik di dunia. Mereka kebanyakan ditemukan di sepanjang sungai dan rawa-rawa di seluruh Amerika Serikat dan Kanada.

Bebek kayu jantan lebih menakjubkan daripada rekan betinanya. Jantan memiliki kepala dan jambul hijau metalik dengan warna ungu yang menarik. Leher mereka dihiasi dengan garis-garis putih lancip yang indah.

Bulu bebek kayu adalah campuran menarik dari pola hitam dan biru dan berguna untuk menarik betina saat berkembang biak. Perut bagian bawah putih dan area dada berwarna merah tua melengkapi kecantikan bebek kayu jantan.

Advertisement

4. Toucan Paruh lunas

Paruhnya fenomenal dan berukuran hingga 7 inci. Paruh warna-warni raksasa juga membuat toucan berparuh lunas memiliki nama lain yaitu “toucan berparuh pelangi”, dengan perpaduan pigmentasi merah, hijau, dan kuning.

Meskipun tampak berat, mereka sebenarnya ringan. Mereka menggunakan paruh berwarna-warni ini untuk memikat betina terutama di musim kawin dan juga untuk pertahanan diri.

5. Blue Jay

Blue jay menawarkan keindahan dengan otak, karena mereka dianggap sebagai salah satu burung paling cerdas di dunia. Sangat mudah untuk mengenali mereka dengan panggilan khas “jay jay”. Blue jay memiliki bulu berwarna-warni yang terdiri dari kombinasi antara biru, hitam, dan putih. Mendiami hutan di sebagian besar Amerika utara.

Advertisement

Menjadi burung yang cerdas, mereka dapat meniru panggilan burung lain. Misalnya, mereka bisa meniru suara elang untuk mengelabui burung lain. Mereka juga bisa meniru ucapan manusia dan bahkan suara hewan peliharaan lainnya.

6. Puffin Atlantik

Puffin Atlantik adalah salah satu burung laut yang paling mencolok. Warna bulu mereka mengingatkan pada penguin yang selalu menawan, namun paruh khas mereka membuat mereka mendapat julukan “burung beo laut”.

Puffin Atlantik adalah perenang yang sangat baik dan memiliki bulu anti air. Mereka juga penyelam hebat yang mencapai kedalaman 160 kaki. Selain itu, mereka penerbang yang sangat baik, dan dapat mencapai kecepatan lebih dari 50 mil per jam.

7. Merak

Merak terkenal di seluruh dunia karena bulu ekornya yang menyebar. Pejantan menggoda betina dalam tarian romantis saat ia mengibaskan bulunya yang menakjubkan disertai dengan suara gemerisik. Ketika siklus kawin berakhir, daun jantan kehilangan bulu hiasnya. Tapi mereka tumbuh kembali dalam hitungan bulan. Panjang ekor dan jumlah bintik matanya bervariasi.

Advertisement

8. Flamingo

Flamingo adalah burung tropis yang ditemukan di semua benua, kecuali Antartika. Mereka mendiami Amerika Selatan dan Tengah, Timur Tengah, India, Danau Rift Valley di Afrika, Australia, dan lebih banyak tempat.

Burung air ini tumbuh subur di sekitar danau tempat mereka menangkap ikan, udang, plankton, ganggang biru-hijau, dan larva di lumpur. Flamingo dilahirkan putih atau abu-abu tetapi akhirnya berubah menjadi merah muda atau merah dari pigmen dalam ganggang yang mereka makan. Warna bulu mereka tergantung pada pola makan,bulu yang lebih cerah mencerminkan pola makan yang lebih baik

9. Golden Pheasant

Bulu merah dan kuning keemasan membuatnya terkenal dan menjadikannya salah satu burung terindah di dunia. Pejantan lebih flamboyan daripada betina dengan warna bulu yang lebih mencolok. Jantan memiliki sisi dan dada merah yang berbeda sementara betina menghiasi bulu coklat yang lembut.

Advertisement

Burung ini mendiami hutan dan hutan pegunungan di Cina barat dan tengah, di mana mereka dianggap sebagai simbol kehormatan besar. Mereka juga dapat ditemukan di beberapa bagian Selandia Baru, Amerika Utara dan Selatan, Australia, dan Eropa Barat.

10.  Macaw Scarlet

Ditemukan di hutan hujan tropis Amerika Selatan dan Tengah, macaw scarlet atau macaw merah adalah salah satu ikonik. Mereka dikenali dari bulu merah mereka dengan punggung biru kobalt. Burung-burung ini mengenakan bulu kuning yang menarik dengan ujung hijau di sayap atasnya. Sayap bawah adalah perpaduan ajaib dari bulu biru dan kuning.

Macaw scarlet hidup lama dan menikmati rentang hidup antara 40 dan 50 tahun di alam liar. Di penangkaran, mereka hidup lebih lama dan dapat bertahan selama 75 tahun. Saat dewasa, beratnya bisa mencapai 2,2 lbs.

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

2 Tahun Vakum, Sultan Jogja Kembali Bagikan Udhik-Udhik untuk Warga

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement