Advertisement

WHO Perpanjang Moratorium Vaksin Booster hingga Akhir Tahun

Hadijah Alaydrus
Kamis, 09 September 2021 - 10:27 WIB
Sunartono
WHO Perpanjang Moratorium Vaksin Booster hingga Akhir Tahun Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO. - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memperpanjang moratorium suntikan booster Covid-19 hingga setidaknya akhir tahun. WHO sebelumnya mendesak para pemimpin dunia untuk menunda dosis booster hingga akhir September.

“Ada sedikit perubahan dalam situasi global sejak itu, jadi hari ini saya menyerukan perpanjangan moratorium hingga setidaknya akhir tahun untuk memungkinkan setiap negara memvaksinasi setidaknya 40% dari populasinya,” ujar Direktur WHO- Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam pengarahan pada hari Rabu (8/9/2021).

Advertisement

Sekitar 5,5 miliar dosis vaksin telah diberikan secara global, tetapi 80 persen telah diberikan di negara-negara berpenghasilan tinggi atau menengah ke atas, menurut WHO.

BACA JUGA : Pakar Virologi UGM: Belum Ada Urgensi Vaksin Covid-19

“Saya tidak akan tinggal diam ketika perusahaan dan negara yang mengendalikan pasokan vaksin global berpikir bahwa orang miskin dunia harus puas dengan sisa vaksin,” kata Tedros, dikutip dari CNBC International.

Hampir 90 persen negara berpenghasilan tinggi telah memvaksinasi setidaknya 10 persen dari populasi mereka, dan 70 persen negara berpenghasilan tinggi telah memvaksinasi setidaknya 40 persen dari populasi mereka, menurut data WHO.

“Tidak ada satu pun negara berpenghasilan rendah yang mencapai kedua target tersebut. Itu bukan salah mereka,” kata Tedros.

“Negara-negara berpenghasilan tinggi telah berjanji untuk menyumbangkan lebih dari 1 miliar dosis, tetapi kurang dari 15 persen dari dosis itu telah terwujud,” kata Tedros.

BACA JUGA : Target Vaksin Booster Nakes di Kota Jogja Mundur

Produsen telah berjanji untuk memprioritaskan COVAX dan negara-negara berpenghasilan rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Digelontor Danais Rp2,57 Miliar, 4 Kalurahan di Menoreh Ini Bakal Bangun Instalasi Air Bersih

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement