Seorang Pria Ditangkap karena Bentangkan Poster saat Jokowi di Blitar, Politisi Mengecam

Presiden Jokowi meninjau vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP), Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa (07/09/2021) sore. - BPMI Setpres/Laily Rachev.
08 September 2021 14:57 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Sejumlah politisi menyayangkan penangkapan warga oleh aparat kepolisian saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Blitar, Selasa (7/9/2021).

Dalam video yang viral media sosial tampak seorang membentangkan poster di pinggir jalan saat mobil Jokowi melintas. Poster itu bertuliskan ‘Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar'.

Seusai mobil Jokowi melintas, poster tersebut dirampas dan kemudian, aparat kepolisian meringkus pria tersebut.

Menanggapi insiden tersebut, Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mempertanyakan alasan penangkapan warga tersebut.

“Ada peternak kita minta dibantu, dia minta tolong ke presidennya dengan kalimat Sederhana dan penting. dia tidak menghina presiden @jokowi. Knp ditangkap? Segera lepaskan krn bisa memperburuk citra pemerintah dianggap anti peternak/petani. Jk tdk bisa bantu, jgn tangkap,” cuitnya melalui akun Twitter @MardaniAliSera, Rabu (8/9/2021).

Senada, Politikus Partai Gerindra Fadli Zon juga menilai tindakan pria tersebut merupakan caranya untuk menyampaikan aspirasi kepada Kepala Negara.

Peternak ayam sdg dalam kondisi makin terpuruk. Harga telur jatuh sementara pakan ayam mahal. Spanduk itu hanya aspirasi pd P @jokowi agar tahu kondisi sebenarnya n ada jalan keluar bg peternak ayam. Tlg bebaskan peternak ayam yg bawa spanduk itu,” cuitnya melalui akun Twitter @fadlizon, Selasa (7/9/2021).

Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Blitar, Jawa Timur pada Selasa (7/9/2021) untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat yang digelar di Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP).

Kedatangan Jokowi ke Blitar merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerjanya di Jawa Timur. Dalam kunker tersebut, Jokowi juga meninjau vaksinasi kepada pelajar di SMK PGRI 2 Ponorogo, Kabupaten Ponorogo dan vaksinasi Pondok Pesantren K.H. Syamsuddin, Kabupaten Ponorogo.

Selain itu, Presiden juga meresmikan bendungan Bendo yang ada di Dusun Bendo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan ini Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Blitar Santoso, Kapolda Provinsi Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, serta Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto.

Sumber : JIBI/Bisnis.com