Advertisement

Pemerintahan Baru Belum Terbentuk, Taliban Gempur Pasukan Ahmad Massoud

John Andhi Oktaveri
Sabtu, 04 September 2021 - 15:27 WIB
Sunartono
Pemerintahan Baru Belum Terbentuk, Taliban Gempur Pasukan Ahmad Massoud Pasukan keamanan Afghanistan./Antara - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pertempuran antara pejuang Taliban dan pasukan perlawanan meningkat di Provinsi Panjshir untuk menguasai benteng pemberontak terakhir di negara itu.

Penduduk di daerah terdekat provinsi tetangga Parwan mengatakan sudah empat hari kehidupan mereka terganggu oleh pertempuran intensif antara Taliban dan pasukan yang dipimpin oleh Ahmad Massoud, putra komandan yang terbunuh, Ahmad Shah Massoud.

Advertisement

Para pemimpin Taliban mengatakan upaya untuk melakukkan negosiasi dengan kelompok  bersenjata itu telah gagal ketika kelompok tersebut bersiap untuk mengumumkan pembentukan pemerintahan baru beberapa pekan setelah mereka merebut kekuasaan di Kabul.

BACA JUGA : AS Rundingkan Kesepakatan Rahasia dengan Taliban

“Pertempuran semakin memburuk setiap malam,” kata penduduk Parwan bernama Asadullah sebagaimana dikutip Aljazeera.com, Sabtu (4/9/2021).

Dia dan penduduk lain dari distrik Jab al-Seraj di Parwan mengatakan pertempuran itu sebagian besar terjadi di pegunungan, namun sebagian besar penduduk masih melarikan diri dari daerah itu.

Meningkatnya pertempuran, menurut penduduk, telah memaksa setidaknya 400 keluarga mengungsi dari desa-desa di sepanjang jalan yang biasanya mengarah ke lembah hijau Panjshir yang tenang. Wilayah itu berada sekitar 125 km (78 mil) di utara Kabul.

Asap terlihat mengepul dari gunung saat Taliban terlibat dalam pertempuran untuk menguasai provinsi terakhir dari 34 provinsi di negara itu.

Beberapa penduduk mengatakan pada hari-hari menjelang jatuhnya Kabul pada 15 Agustus, mereka melihat mantan tentara Tentara Nasional Afghanistan dari Provinsi Kunduz, Baghlan, Kapisa, Parwan dan Takhar menuju Panjshir setelah provinsi-provinsi itu jatuh.

BACA JUGA : Taliban Pamer Senjata yang Berhasil Direbut dari Tentara Asing

Penduduk mengatakan tentara itu membawa kendaraan dan peralatan militer ke wilayah itu, tetapi hanya  sedikit informasi yang bisa dikonfirmasi dari Panjshir sehingga sulit untuk memverifikasi klaim tersebut atau untuk mengetahui berapa kekuatan mereka dalam beberapa hari terakhir.

Shah Rahman, seorang warga distrik Syed Khil, mengatakan istri dan anak-anaknya melarikan diri ke Kabul tiga hari lalu. Dia kembali pada Jumat pagi untuk mengambil barang-barang mereka dan mengatakan dia ditahan oleh Taliban di sepanjang jalan.

“Mereka memeriksa ID dan STNK Anda untuk memastikan Anda berasal dari Parwan, dan kemudian mereka membiarkan Anda lewat,” katanya.

Seperti warga Parwan lainnya, Rahman telah mendengar tentang korban di Panjshir, tetapi klaim tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen karena jalan menuju Panjshir tetap diblokir dan layanan telepon seluler terputus minggu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantuan Keuangan Politik Disalurkan Dua Tahap

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement