Advertisement

Nakes Kota Magelang Mulai Disuntik Vaksin "Booster" Covid-19

Nina Atmasari
Senin, 23 Agustus 2021 - 23:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Nakes Kota Magelang Mulai Disuntik Vaksin Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Feny Selly

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG - Pemerintah Kota Magelang mulai memberikan suntikan vaksin Covid-19 dosis ke-3 untuk tenaga kesehatan (nakes) yang menangani Covid-19 di wilayah ini. Suntikan sebagai booster ini menggunakan vaksin merk Moderna. Adapun jumlah nakes di wilayah ini mencapai 4.000 orang.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz (Dokter Aziz) menyebutkan ada 4.000 orang tenaga kesehatan yang mendapatkan suntikan booster ini. "Sesuai arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, vaksin Moderna ini merupakan penguat bagi para nakes dan tenaga penunjang kesehatan yang menangani Covid-19," katanya, Senin (23/8/2021).

Advertisement

Ia menyebutkan Kota Magelang baru saja mendapat kiriman sebanyak 150 vial atau 2.100 dosis vaksin produksi Amerika Serikat ini.

Baca juga: DIY Tambah 507 Kasus Covid-19, PPKM Dinilai Efektif

"Sebagian nakes sudah (divaksin booster). Tiap kedatangan Moderna, langsung kita aplikasikan, kita suntikan, supaya target segera terpenuhi 100 persen nakes kita mendapat booster," tambahnya.

Dokter spesialis penyakit dalam tersebut mengungkapkan, peningkatan kasus terkonfirmasi Covid-19 yang tinggi, mendorong Pemerintah untuk secara khusus memberikan perlindungan tambahan kepada nakes yang sehari-hari dihadapkan dengan risiko tinggi penularan Covid-19.

Selain diperuntukan dosis ke-3 bagi nakes, Kemenkes RI juga telah mengeluarkan kebijakan bahwa vaksin Covid-19 Moderna diberikan kepada warga dengan penyakit penyerta, ibu hamil, dan warga yang belum pernah mendapatkan vaksin.

"Kalau vaksin Moderna sebagai booster hanya untuk nakes, asisten nakes, dan tenaga penunjang. Kalau untuk masyarakat umum, sama dengan vaksin yang lain, harus 2 kali. Dosis pertama dan kedua. Nah, karena mereka garda depan penanganan Covid-19 maka harus mendapat booster," tandasnya.

Baca juga: Simak! Pengunjung Restoran dan Warung Makan di DIY Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

Dirinya juga mengatakan, dibanding merk vaksin lainnya, Moderna cenderung memiliki efek samping yang bisa dirasakan. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang turut menyediakan paracetamol guna meringankan efek samping pascasuntikan vaksin Moderna.

"Setiap obat sebenarnya punya efek samping. Termasuk Moderna, memang cukup lumayan. Tapi kalau vaksin tidak berbahaya, dijamin aman, dan harapan kita untuk mendapatkan kekebalan kelompok bisa tercapai," paparnya.

Dia berharap agar warga yang akan mendapatkan vaksin Moderna ini tidak usah khawatir apalagi takut. Efek samping vaksin tidak akan seberat efek orang yang positif Covid-19. (Nina Atmasari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gunakan Drone, Pencarian Bocah Tenggelam di Sungai Oya Wonosari Terkendala Arus Deras

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement