HUT RI, Jokowi Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata

Tangkapan Layar - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara apel kehormatan dan renungan suci yang digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (17/8), tepat pukul 00.00 WIB. - Antara
17 Agustus 2021 07:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (17/8/2021), tepat pukul 00.00 WIB.

“Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, kami yang hadir hari ini Selasa 17 agustus 2021, pukul 00.00 WIB pada upacara mengenang arawah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di taman makam ini,” kata Presiden Jokowi yang membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci.

Pahlawan yang telah bersemayam di taman makam pahlawan tersebut, dijelaskan Presiden, sebanyak TNI dan Polri 9.192 pahlawan, Badan Perjuangan 892 pahlawan, tokoh nasional 63 pahlawan, tidak dikenal 43 pahlawan. Dengan begitu, jumlah pahlawan di taman makam tersebut sebanyak 10.190 pahlawan.

"Begitu pun para pahlawan yang tidak dikenal baik nama dan tempatnya di kota kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai dan di dasar-dasar lautan. kami menyatakan hormat sebesar besarnya atas keridhoan, keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” ujarnya.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga,” Presiden menambahkan.

Presiden Jokowi menyampaikan bangsa Indonesia mendoakan agar semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya.

Upacara apel kehormatan dan renungan suci dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, dan kemudian penyalaan obor. Selanjutnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin pembacaan doa.

Sebelum ditutup, Komandan Upacara memimpin penghormatan terakhir kepada para pahlawan. Selanjutnya, upacara ditutup dengan laporan dari Komandan Upacara ke Inspektur Upacara yakni Presiden Joko Widodo. Presiden bersama rombongan kemudian meninggalkan TMP Kalibata.

Sumber : bisnis.com