Advertisement

Tren Kasus Covid-19 Membaik, Luhut Ingatkan Jangan Larut dalam Euforia

Aprianus Doni Tolok
Senin, 16 Agustus 2021 - 23:47 WIB
Bhekti Suryani
Tren Kasus Covid-19 Membaik, Luhut Ingatkan Jangan Larut dalam Euforia Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. - Antara\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim tren kasus konfirmasi Covid-19 selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Per 15 Agustus 2021, tercatat kasus terkonfirmasi turun hingga 76 persen dan kasus aktif turun 53 persen jika dibandingkan dengan titik puncaknya.

Advertisement

Meski demikian, Luhut meminta masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan

"Kita jangan juga terlalu euforia dengan angka-angka yang baik ini. Memang di kawasan ini sekarang Indonesia termasuk yang cepat melakukan tindakan, dan hasilnya cukup baik," kata Luhut dalam konferensi pers secara virtual, Senin (16/8/2021).

Menurutnya, kelengahan dalam penerapan protokol kesehatan akan berdampak serius di semua aspek, terutama kesehatan dan ekonomi.

Luhut kembali menegaskan bahwa ada tiga pilar utama dalam penanganan Covid-19 yaitu peningkatan cakupan vaksinasi, penerapan 3T (tracing, testing, treatment) yang tinggi, dan kepatuahan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, dia memastikan bahwa pemerintah dalam mengambil kebijakan terkait penanganan pandemi selalu memperhatikan keseimbangan antara sektor kesehatan dan ekonomi.

“Pembukaan mobilitas dan aktivitas masyarakat harus dilakukan secara gradual dan dievaluasi seiring dengan peningkatan cakupan vaksinasi, kepatuhan terhadap prokes dan kecepatan testing tracing dan treatment sehingga tidak menimbulkan penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gunakan Drone, Pencarian Bocah Tenggelam di Sungai Oya Wonosari Terkendala Arus Deras

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement