Advertisement

Presiden Haiti Tewas Diserang Orang Tak Dikenal

Newswire
Kamis, 08 Juli 2021 - 00:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Presiden Haiti Tewas Diserang Orang Tak Dikenal Presiden Haiti Jovenel Moise./CHANDAN KHANNA - AFP via Suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, HAITI-Presiden Haiti Jovenel Moise tewas dalam serangan orang tak dikenal di kediaman pribadinya. Sementara itu istrinya terluka dan sedang dalam perawatan di rumah sakit.

Melansir dari Suara.com--jaringan Harianjogja.com yang disadur dari Channel News Asia Rabu (7/7/2021), Moise ditembak mati oleh penyerang tak dikenal pada malam hari. Perdana Menteri Sementara Claude Joseph menyebut tindakan itu tidak manusiawi dan barbar.

Advertisement

"Presiden dibunuh di rumahnya oleh orang asing yang berbicara bahasa Inggris dan Spanyol," kata Joseph.

Istri Moise yang terluka berada di rumah sakit, menurut Joseph, yang mendesak masyarakat untuk tetap tenang dan bersikeras polisi dan tentara akan memastikan keselamatan penduduk.

Serangan itu terjadi di tengah meningkatnya gelombang kekerasan terkait politik di negara Karibia terebut. Haiti kini terpecah secara politik dan menghadapi krisis kemanusiaan dan kekurangan makanan.

"Semua tindakan diambil untuk menjamin kelangsungan negara dan untuk melindungi bangsa," kata Joseph.

Port-au-Prince mengalami peningkatan kekerasan ketika geng-geng saling bertarung dan polisi menguasai jalanan. Kekerasan dipicu peningkatan kemiskinan dan ketidakstabilan politik.

Moise telah menghadapi protes sengit sejak menjabat sebagai presiden pada 2017. Oposisi menuduhnya berusaha memasang kediktatoran menjadi lebih otoriter. Namun semua tuduhan itu dibantah.

Selain pemilihan presiden, legislatif dan lokal, Haiti akan mengadakan referendum konstitusional pada September setelah dua kali ditunda karena pandemi virus corona.

Para kritikus juga mengklaim bahwa tidak mungkin menyelenggarakan pemungutan suara, mengingat ketidakamanan umum di negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement