Advertisement

Keterisian Bed Covid-19 Rumah Sakit di Daerah Naik 100 Persen

Nyoman Ary Wahyudi
Senin, 07 Juni 2021 - 10:47 WIB
Nina Atmasari
Keterisian Bed Covid-19 Rumah Sakit di Daerah Naik 100 Persen Sebuah kalimat penyemangat tertulis di hazmat salah satu tenaga kesehatan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (26/1/2021). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Keterpakaian tempat tidur atau bed occupation rate (BOR) di fasilitas kesehatan atau rumah sakit daerah meningkat signifikan beberapa waktu terakhir, berdasarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, rata-rata kenaikan BOR di fasilitas kesehatan daerah itu mencapai 80 hingga 90 persen.

Advertisement

Malahan, dia mengakui sejumlah daerah mencatatkan kenaikan BOR hingga 100 persen.

“Ada beberapa daerah yang BOR-nya naik sampai 80 hingga 100 persen tetapi rata-rata sekitar 80 hingga 90 persen,” kata Nadia, dikutip dari Bisnis.com, Senin (7/6/2021).

Baca juga: Dinyatakan Sehat, 44 Warga Sleman yang Isolasi di Gemawang Dijemput Pulang

Data itu, menurut Nadia, menunjukkan adanya peningkatan rawatan pasien konfirmasi positif Covid-19 di setiap layanan kesehatan daerah.

“Kalau data kenaikan BOR memang ada ya,” tuturnya.

Berdasarkan data yang dibagikan epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono, peningkatan BOR itu merata di sejumlah daerah dari Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, NTB, NTT, Sulawesi hingga Papua.

Beberapa daerah yang mencatatkan kenaikan BOR hingga 100 persen di antaranya Toba Samosir, Musi Rawas Utara, Ogan Komering, Muara Enim, Majalengka, Landak, Melawi, Bengkayang, Kotawaringin Timur, Bantaeng dan Lanny Jaya.

“Ancaman layanan kesehatan kewalahan sudah nyata di beberapa wilayah. Seharusnya ini menyadarkan kita semua, pengendalian pandemi semakin bertambah sulit,” cuit Pandu melalui akun twitter pribadinya, Senin (7/6/2021).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement