Menhan Prabowo Janjikan Anak Awak KRI Nanggala Dapat Beasiswa

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) bersama Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono (kiri) mengikuti rapat kerja bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (20/1/2020). - Antara / Puspa Perwitasari.
27 April 2021 03:37 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjanjikan seluruh putra-putri prajurit di kapal selam KRI Nanggala-402 mendapatkan beasiswa sekolah hingga di tingkat universitas. Mereka akan disekolahkan dengan beasiswa penuh.

53 awak KRI Nanggala-402 dinyatakan meninggal dunia pada Minggu (25/4/2021). Pernyataan ini disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto setelah menemukan puing-puing kapal di dasar laut utara Bali.

Usai pernyataan itu, Menhan Prabowo menginstruksikan lembaga pendidikan di bawah binaan Kementerian Pertahanan memberikan tempat kepada putra-putri awak KRI Nanggala-402 dan personel TNI AL yang telah gugur dalam tugas.

“Saya telah menginstrusikan kepada Lembaga Pendidikan di bawah binaan Kementerian Pertahanan yaitu SMA Taruna Nusantara Magelang dan Universitas Pertahanan Republik Indonesia untuk mengalokasikan tempat bagi putra-putri awak KRI Nanggala-402 dan personil TNI AL yang telah gugur dalam tugas menjaga negeri sebagai Pahlawan Bangsa,” kata Prabowo dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4/2021) malam.

Dia menjelaskan bahwa putra-putri awak KRI Nanggala yang mengenyam pendidikan tingkat SMA akan diterima di SMA Taruna Nusantara Magelang dengan beasiswa penuh.

Sementara itu, anak prajutit Nanggala yang akan masuk Perguruan Tinggi, bakal diterima di Universitas Pertahanan Republik Indonesia juga dengan beasiswa penuh.

“Saat ini sedang disiapkan cabang pendidikan Taruna Nusantara di level SMP berasrama,” tuturnya.

Sementara itu, beasiswa bagi putra-putri para personel di Nanggala-402 pada tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama akan diberi beasiswa penuh melalui Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan.

Sumber : bisnis.com