Advertisement

Suplai Vaksin untuk Lansia di Daerah Tujuan Mudik Ditingkatkan

Newswire
Jum'at, 09 April 2021 - 19:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Suplai Vaksin untuk Lansia di Daerah Tujuan Mudik Ditingkatkan Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah berupaya meningkatkan suplai vaksin Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi para warga lanjut usia (lansia) terutama di daerah-daerah tujuan mudik Lebaran 2021.

"Pemerintah terus berusaha meningkatkan 'supply' [ketersediaan] vaksin melalui diplomasi yang baik maupun menyiapkan stok vaksin jangka panjang melalui pengadaan vaksin dalam negeri," kata Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dihubungi di Jakarta, Jumat (9/4/2021).

Advertisement

Ketersediaan vaksin itu penting untuk salah satunya menggenjot vaksinasi lansia di daerah-daerah tujuan mudik yang banyak populasi lansianya.

Menurut Wiku, sebagai populasi yang paling rentan mengalami kematian akibat Covid-19, pemerintah sangat memperhatikan terselesaikannya vaksinasi pada populasi lansia.

Baca juga: Vaksinasi Lansia di Jogja Belum Maksimal, Ini Kendalanya

Pada prinsipnya, setiap orang tidak hanya lansia harus menjaga kondisi tubuh untuk tetap sehat karena vaksin hanya diberikan untuk orang yang sehat.

Cara untuk menjaga tubuh agar tetap fit adalah dengan asupan gizi yang seimbang dan rutin berolahraga.

Menjaga tubuh tetap dalam kondisi optimal dan sehat juga bagian dari peran masyarakat untuk mendukung kesuksesan vaksinasi.

Pemerintah memprioritaskan vaksinasi Covid-19 pada warga lanjut usia atau lansia menjelang Lebaran 2021.

"Kami mempersiapkan khusus untuk Lebaran, karena Lebaran itu adalah saat dimana semua orang ingin bertemu orang tua, padahal itu yang sangat berbahaya dan bisa membuat fatal pada orang tua mereka," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam rapat kerja dengan DPR di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Baca juga: Masih Ada Perusahaan di Jogja Nunggak THR Tahun Lalu

Menkes mengatakan bahwa tingkat fatalitas Covid-19, yakni persentase jumlah orang yang meninggal dunia dari total orang yang dikonfirmasi terinfeksi virus corona di Indonesia sebesar 2,8 persen. Namun tingkat fatalitas penyakit itu pada orang berusia lanjut cenderung lebih tinggi.

"Khusus untuk lansia empat kali lipat lebih rentan wafatnya dibandingkan dengan non-lansia. Dari 1,5 juta orang yang terkena, hanya 10 persen yang lansia. Tapi dari 41.000 yang wafat, 50 persennya lansia," kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement