Advertisement

Tidak Semua Bank Bisa Berikan DP 0 Persen Kredit Kendaraan, Ini Syaratnya

M. Richard
Kamis, 18 Februari 2021 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Tidak Semua Bank Bisa Berikan DP 0 Persen Kredit Kendaraan, Ini Syaratnya Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo - Istimewa/Dok. Bank Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Bank Indonesia menyebut tidak semua bank mampu memberikan penawaran down payment atau uang muka sebesar 0% untuk kredit kendaraan bermotor.

BI baru saja secara resmi mengumumkan pemberlakuan uang muka kredit kendaraan bermotor sebesar 0% untuk semua jenis kendaraan. Kebijakan ini berlaku efektif mulai 1 Maret 2021 sampai 31 Desember 2021.

Advertisement

BI juga melonggarkan rasio loan to value (LTV)/financing to value (FTV) untuk kredit dan pembiayaan properti menjadi jadi 100%. Relaksasi ini berlaku untuk semua jenis properti mulai dari rumah tapak, rumah susun, rumah toko (ruko) dan rumah kantor (rukan). Pelonggaran ini pun berlaku efektif 1 Maret 2021 sampai 31 Desember 2021.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan mitigasi risiko akan tetap berjalan meski otoritas moneter memberikan relaksai kepada perbankan.

"Hanya bank yang memenuhi kriteria NPL/NPF NPF tertentu yang mmapu menyalurkan kredit dengan insentif baru tersebut," katanya dalam konferensi pers rapat dewan gubernur (RDG) BI, Kamis (18/2/2021).

Perry menekankan relaksasi tersebut berlaku bagi bank yang mencatakan posisi rasio NPL atau NPF di bawah 5%.

Untuk bank yang memiliki BPL atau NPF di atas 5%, akan tetap dapat pelonggaran. Namun, hanya di kisaran LTV 90% hingga 95%.

"Kecuali, untuk pembelian rumah tapak dan rumah susun pertama. Kalau pertama untuk tipe 21 semua sama, yakni 100%," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement