Advertisement

Ini Harapan Komnas HAM terhadap Menag Yaqut

Nindya Aldila
Kamis, 24 Desember 2020 - 19:57 WIB
Budi Cahyana
Ini Harapan Komnas HAM terhadap Menag Yaqut Menteri Agama Yaqut Cholil Choumas memberikan keterangan dalam serah terima jabatan di Kemenag, Rabu (23/12/2020) - Youtube/Kemenag RI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendorong Menteri Agama Yaqut Cholis Choumas melayani seluruh warga negara Indonesia apapun agamanya seperti yang diperintahkan oleh konstitusi Indonesia.

Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM Amiruddin mengatakan sikap tersebut penting seiring dengan banyaknya tantangan ke depan yang akan dihadapi oleh Yaqut yang menjadi menteri anyar di kabinet.

Advertisement

“Menteri Agama tahu betul posisi dia sebagai menteri, dia memimpin untuk menjaga relasi dan melayani seluruh warga negara Indonesia apapun agamanya, karena itu yang dinyatakan konstitusi Indonesia,” tuturnya saat dihubungi JIBI, Kamis (24/12/2020).

Saat ini, paham ekstremis yang terutama muncul dari Timur Tengah menjadi tantangan terberat bagi Indonesia. Dia berharap, dengan kepemimpinan Menteri Agama yang baru dapat dapat mengelola isu ini dengan baik.

“Pak Menteri Agama dan seluruh jajarannya harus bisa melayani seluruh warga negara untuk bisa menjalankan keberagamaannya itu karena adanya sikap ekstremis,” tuturnya.

Untuk mengatasi paham tersebut, dia memberi masukan perlunya mengajak tokoh-tokoh agama agar dapat membangun toleransi dan rasa saling memahami di antara umat.

Selain itu, diperlukan juga jalinan komunikasi yang lebih baik dengan antara Kementerian Agama di pusat dan pemerintah daerah untuk menghindari diskriminasi yang juga sering muncul di daerah-daerah.

Amiruddin optimistis, dengan semangat muda yang dimiliki oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Choumas, dia bakal memiliki visi yang mumpuni untuk mengelola bangsa dan umat beragama di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

12 Kampung Jadi Kampung Panca Tertib Tahun Ini

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement