Advertisement

Gejala Infeksi Virus Corona Jenis Baru

Syaiful Millah
Selasa, 22 Desember 2020 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gejala Infeksi Virus Corona Jenis Baru Sampel swab yang akan diuji untuk virus corona di sebuah rumah sakit di Wuhan, China, Sabtu (14/3/2020). - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Belakangan ini adanya virus Corona jenis baru santer menjadi perbincangan publik. Varian viirus corona jenis baru ini belum dapat dipastikan apakah membawa gejala  yang  lebih mematikan dibandingkan dengan jenis sebelumnya.

Namun, yang pasti otoritas medis setempat menyebut jenis ini menjadi 70 persen lebih menular yang berarti kemungkinan infeksi bergejala menyebar lebih tinggi.

Advertisement

Inggris melaporkan bahwa mutasi virus corona terbaru bernama B.1.1.7, menarik perhatian para ilmuwan Inggris awal bulan ini, karena begitu banyak pasien yang baru terinfeksi terjangkit varian ini.

Mengutip dari Times of India, Selasa  (22/12/2020), gejala yang muncul tercatat dari virus corona mutasi terbaru adalah mual, kehilangan indera perasa dan penciuman, demam, nyeri otot, dan menggigil. Sebagian besar kasus yang tercatat sejauh ini, gejala penyakit Corona mutasi baru yang dimiliki cenderung sama dengan yang telah ada.

WHO kita masih melakukan penelitian, apakah mutasi Corona ini bisa menyebabkan infeksi parah pada mereka yang terinfeksi. Kendati memiliki tingkat infeksi yang tinggi dan kemampuan untuk menginfeksi tubuh dengan cara yang lebih berbahaya, tetap ada kemungkinan bahwa mutasi akan menempatkan kelompok risiko tinggi pada kondisi yang mengkhawatirkan.

Sejauh ini memang belum ada bukti konkret yang menyatakan bahwa varian ini lebih sulit untuk ditindak atau didiagnosis. Akan tetapi, jika mutasi memang sulit diobati maka tingkat kematian bisa meningkat secara signifikan.

Untungnya, tidak ada korelasi seperti itu pada data yang ada hingga kini. Meskipun mutasi tidak berdampak signifikan pada rawat inap, terlibat bahwa kondisi medis yang sudah ada sebelumnya dan faktor tertentu dapat meningkatkan risiko seseorang mengembangkan gejala Covid-19 parah.

Untuk mengantisipasi penularan virus corona yang lebih masif di Indonesia, maka pemerintah melakukan kampanye 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak). Kini 3M menjadi pelindung utama untuk mencegah penularan Covid-19 di Indonesia.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Catat! Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Lokasi Wisata Wilayah Bantul

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement