Advertisement

Tahapan Vaksinasi di Indonesia: Guru dan Sopir Masuk Prioritas Kedua

Jaffry Prabu Prakoso
Selasa, 22 Desember 2020 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tahapan Vaksinasi di Indonesia: Guru dan Sopir Masuk Prioritas Kedua Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat tiba di Ruang Rapat Paripurna I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pada akhir Januari 2021 mendatang, Indonesia dipastikan akan menjalan program vaksinasi Covid-19 gratis.

"Vaksinasi akan dimulai akhir Januari sesuai dengan arahan Bapak Presiden," ujar Airlangga dalam Outlook Perekonomian 2021, Selasa (22/12/2020).

Advertisement

Menurut Airlangga, bahan vaksin akan sebanyak 50 juta dosis akan sampai di Indonesia pada bulan ini. Sementara itu, sebanyak 1,8 juta dosis siap pakai akan diterima pada Januari 2020.

Untuk mencapai herd immunity, pemerintah akan melakukan vaksinasi terhadap 70 persen vaksin.

Pemerintah telah lima tahapan sasaran penerima vaksin Covid-19 berdasarkan rekomendasi ITAGI dan WHO.

Pertama, petugas kesehatan seluruh Indonesia di 34 provinsi. Kedua, pelayanan dasar publik a.l. TNI, Polri, Satpol PP, PNS, guru, legislator, supir angkutan umum/ logistik dan UMKM.

Ketiga, kelompok yang kontak erat dengan penyintas Covid-19. Ini akan didasari oleh data 1 minggu sebelum vaksinasi di seluruh 34 provinsi.

Keempat, kelompok sektor pelayanan publik yang rentan tertular. Kelima, masyarakat umum berbasis wilayah, yakni mereka yang memiliki risiko tinggi sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Presiden akan menjadi yang pertama mendapat vaksin Covid-19 untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin aman digunakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pertobatan Ekologis dan Persoalan Sampah Jadi Topik Peragaan Jalan Salib di Gereja Ini

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement