Tahapan Vaksinasi di Indonesia: Guru dan Sopir Masuk Prioritas Kedua

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat tiba di Ruang Rapat Paripurna I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
22 Desember 2020 11:27 WIB Jaffry Prabu Prakoso News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pada akhir Januari 2021 mendatang, Indonesia dipastikan akan menjalan program vaksinasi Covid-19 gratis.

"Vaksinasi akan dimulai akhir Januari sesuai dengan arahan Bapak Presiden," ujar Airlangga dalam Outlook Perekonomian 2021, Selasa (22/12/2020).

Menurut Airlangga, bahan vaksin akan sebanyak 50 juta dosis akan sampai di Indonesia pada bulan ini. Sementara itu, sebanyak 1,8 juta dosis siap pakai akan diterima pada Januari 2020.

Untuk mencapai herd immunity, pemerintah akan melakukan vaksinasi terhadap 70 persen vaksin.

Pemerintah telah lima tahapan sasaran penerima vaksin Covid-19 berdasarkan rekomendasi ITAGI dan WHO.

Pertama, petugas kesehatan seluruh Indonesia di 34 provinsi. Kedua, pelayanan dasar publik a.l. TNI, Polri, Satpol PP, PNS, guru, legislator, supir angkutan umum/ logistik dan UMKM.

Ketiga, kelompok yang kontak erat dengan penyintas Covid-19. Ini akan didasari oleh data 1 minggu sebelum vaksinasi di seluruh 34 provinsi.

Keempat, kelompok sektor pelayanan publik yang rentan tertular. Kelima, masyarakat umum berbasis wilayah, yakni mereka yang memiliki risiko tinggi sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Presiden akan menjadi yang pertama mendapat vaksin Covid-19 untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin aman digunakan. 

Sumber : bisnis.com