6 Orang dari Pastoran Loyola Semarang Positif Covid-19, Diisolasi di Hotel

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
31 Oktober 2020 11:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SEMARANG — Pastoran Kolese Loyola Kota Semarang, Jawa Tengah diserang Virus Covid-19. Sebanyak enam orang dinyatakan positif virus tersebut, dan mereka telah menjalani isolasi mandiri.

Para civitas academica Pastoran Kolese Loyola Kota Semarang itu menjalani karantina di Hotel Kesambi Hijau, Kota Semarang. Informasi terpaparnya enam warga pastoran di SMA Kolese Loyola Semarang itu diketahui melalui unggahan akun Instagram resmi @smakoleseloyola, Kamis (29/10/2020).

Dalam akun tersebut disampaikan jika ada enam dari 14 orang yang menjalani tes PCR secara swab dinyatakan positif Covid-19.

Baca juga: Hendak ke Jogja, Seorang Perempuan Ketahuan Positif Covid-19

Koordinator Satpas Penanganan Dampak Covid-19 Keuskupan Agung Semarang (KAS), Rama Edy Purwanto, membenarkan adanya kasus penularan di Pastoran Kolese Loyola Semarang.

"Lima orang sebagai pamong dan satu koster [sakristan]. Mereka semua kondisinya baik-baik saja. Mereka sedang karantina di Hotel Kesambi," ujar Rama Edy kepada wartawan di Semarang, Jumat (30/10/2020).

Rapid Test Masal

Rama Edy menambahkan terkuaknya kasus Covid-19 di pastoran terjadi di beberapa hari lalu. Ketika itu, pastoran sepakat melakukan rapid test kepada orang-orang di lingkungannya.

Baca juga: Selewengkan BST Covid-19, Dukuh di Kulonprogo Ditangkap Polisi

Dalam rapid test itu akhirnya diketahui enam warga Covid-19 Pastoran Kolese Loyola Semarang yang reaktif Covid-19. Setelah rapid test tersebut, akhirnya langsung dilakukan swab test dan diketahui positif Covid-19.

"Ada 14 orang yang di-swab test. Hasilnya, enam orang positif Covid-19. Sementara, sisanya negatif. Setelah itu, kampus Loyola kita semprot disinfektan," imbuhnya.

Rama Edy mengungkapkan setelah dilakukan sterilisasi, segala kegiatan di kampus Loyola Semarang untuk sementara dihentikan atau steril. Kegiatan di Covid-19 Pastoran Loyola Semarang itu disterilkan 29 Oktober-11 November 2020.

Pihak SMA Kolese Loyola serta Yayasan Loloya juga telah melakukan tracing kontak erat dari enam orang yang positif Covid-19.

Sumber : Suara.com