Target Pendaftar Pengawas TPS di Bantul Belum Terpenuhi

Ilustrasi. - Freepik
14 Oktober 2020 13:27 WIB Ujang Hasanudin News Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantul memanggil putra-putri terbaik Bantul untuk ikut mendaftar menjadi pengawas tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang. Sampai hari kesepuluh masa pendaftaran baru ada 1.140 orang yang mendaftar.

Sementara target pendaftar pengawas TPS sebanyak 4.170 orang. “Bawaslu Kabupaten Bantul saat ini masih membuka pendaftaran bagi calon pengawas TPS hingga besok Kamis 15 Oktober 2020,” kata Anggota Bawaslu Bantul, Nuril Hanafi, saat dihubungi Rabu (14/10/2020).

Baca Juga: Puluhan Karyawannya Terinfeksi Corona, Perusahaan Telekomunikasi di Sleman Dipastikan Tetap Dibuka

Nuril mengatakan kebutuhan pengawas TPS di Bantul saat ini sebanyak 2.085 TPS, hal ini bertambah satu TPS sesuai yang ditetapkan oleh KPU Bantul pada saat rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan 2020 pada Selasa (13/10/2020).

Proses pendaftaran dan seleksi calon pengawas TPS dilaksanakan oleh Panwaslu Kecamatan yang dapat dibantu oleh Panwaslu Desa, sesuai regulasi dan pedoman dari Bawaslu RI bahwa pembentukan Pengawas TPS menjadi kewenangan Panwaslu Kecamatan. Semua proses pemberkasan, seleksi administrasi, dan tes wawancara dilaksanakan langsung di 17 kecamatan.

Baca Juga: Maksimalkan Peran Masyarakat dalam Mencegah Covid-19 Lewat Sosial Media

“Informasi pendaftaran Pengawas TPS selengkapnya dapat mengunjungi website Bawaslu Kabupaten Bantul www.bantul.bawaslu.go.id atau datang langsung ke kantor Panwaslu Kecamatan yang berada dikantor kecamatan setempat,” ujar Nuril.

Ia mengajak masyarakat untuk turut serta mengawal dan mengawasi tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Bantul supaya berjalan secara demokratis, berintegritas, berkualitas, dan bermartabat.