Covid-19 Klaster Keluarga Dominan di Indonesia, Ini Kata Pakar

Ilustrasi - Pixabay
18 September 2020 13:37 WIB Sutarno News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Klaster rumah tangga atau keluarga dominan dalam penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Pandu Riono, pakar pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, mempertanyakan efektivitas isolasi mandiri mengingat tidak ada pengawasan ketat agar menaati protokol isolasi mandiri Covid-19.

Menurut Pandu, klaster rumah tangga melonjak sehingga menjadi klaster dominan di seluruh wilayah Indonesia.

"Kini pola pandemi didominasi Klaster Rumah Tangga (RT) terjadi di seluruh wilayah. BISA Terjadi karena ADA PEMBIARAN oleh kebijakan ISOLASI MANDIRI. SUDAH diingatkan isolasi mandiri tak mungkin diterapkan untuk putus penularan," ujarnya melalui akun Twitter @drpriono1, Jumat (18/9/2020).

Pandu mengungkapkan hal itu sehubungan dengan kasus keluarga hakim Pengadilan Negeri Surabaya dan istrinya yang meninggal di Semarang dan dinyatakan positif Covid-19. Empat anak mereka masih menjalani isolasi.

Dalam ciuitan di Twitter beberapa waktu lalu saat mengomentari kasus klaster keluarga penyidik KPK Novel Baswedan, Pandu mengingatkan penularan Covid-19 atau Corona di dalam rumah tangga (klaster keluarga) terus meningkat sejak awal pandemi Corona di Indonesia 2 Maret 2020.

Kasus pertama dan kedua Corona di Indonesia menimpa warga Depok, Sita Tyasutami dan ibunya Maria Darmaningsih. Kedua orang yang bertalian darah itu diumumkan sebagai pasien Corona pertama dan kedua di Indonesia, langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020 di Istana Kepresidenan.

Jokowi waktu itu tidak menyebutkan identitas kedua ibu-anak itu, yang tertular Corona dari seorang warga Jepang yang tinggal di Malaysia.

"Orang ini berhubungan dengan dua orang. Yaitu seorang ibu yang umurnya 64 tahun dan putrinya yang berumur 31 tahun," simak penjelasan selengkapnya Presiden Jokowi soal kasus Corona pertama dan kedua tersebut dari Youtube Istana Presiden di atas.

Kedua orang itu kemudian dirawat di RSPI Sulianto Saroso. Ketika sembuh, jati diri kedua ibu-anak itu pelan-pelan terkuak. Sita Tyasutami dan ibunya adalah klaster keluarga pertama dalam kasus Corona di Indonesia.

Pandu Riono mengingatkan cara paling efektif untuk mengisolasi klaster rumah tangga adalah dengan memisahkan anggota keluarga.

"Isolasi dilaksanakan di lokasi isolasi khusus. BUKAN isolasi mandiri, bila tak mungkin pisahkan dg anggota RT lain," tegasnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia