Advertisement

Muhammadiyah Minta Ormas Lebih Dilibatkan dalam Tracing Covid-19

Nindya Aldila
Jum'at, 07 Agustus 2020 - 06:37 WIB
Budi Cahyana
Muhammadiyah Minta Ormas Lebih Dilibatkan dalam Tracing Covid-19 Rapid test Covid-19 secara massal dilakukan terhadap pedagang di pasar rakyat Bantul - ANTARA/Hery Sidik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Penulusuran (tracing) Covid-19 membutuhkan sumber daya manusia yang besar sehingga ormas dinilai perlu lebih dilibatkan, terutama di wilayah terpencil.

Wakil Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Corona Rintawan mengatakan dukungan masyarakat lintas sektor diperlukan untuk melakukan proses tracing.

Advertisement

Menurutnya, dinas kesehatan yang selama ini bertanggung jawab untuk tracing masih kekurangan tenaga. Sementara itu, keterlibatan organisasi masyarakat masih dirasa kurang.

"Saya kira ormas banyak bermanfaat dalam hal kebencanaan dan menarik jika dilibatkan dengan catatan bisa meningkatkan kemampuan tracing," ujarnya dalam Webinar, Kamis (6/8/2020).

Dokter Umum Puskesmas Dompu Timur NTB Laela Soraya mengatakan proses tracing membutuhkan keterlibatan masyarakat, seperti aparat desa yang dinilai lebih persuasif.

Pada kenyataannya, proses tracing yang tidak maksimal juga diperparah dengan tingkat sosialisasi yang rendah ke tingkat daerah yang lebih kecil.

Banyak masyarakat yang takut keluarganya dikucilkan jika dalam proses tracing harus melakukan isolasi.

"Bukan hanya kami, tetapi kami butuh aparat desa, atau toga [tokoh agama] toma [tokoh masyarakat] untuk melakukan pendataan, pemantauan, sampai edukasi, dan mendorong sukarela masyarakat untuk melaporkan jika memang ada gejala," ungkap Laela.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement