Sebelum Dinyatakan Positif Corona, Wawali Kota Solo Sempat Bertemu Jokowi & Pengin ke Jogja

Bakal calon wali kota Solo, Achmad Purnomo, tengah menanti giliran fit and propher test di Panti Marhaen, Jalan Brigjen Sudiarto, Kota Semarang, Sabtu (21/12 - 2019). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
24 Juli 2020 16:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SOLO--Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, yang positif terinfeksi Corona ternyata sempat bertemu Presiden Joko Widodo juga sempat berencana ke Jogja.

Achmad Purnomo pada Jumat (24/7/2020), dikabarkan terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19. Kabar itu dibenarkan Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, serta Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih.

1.717 Nakes Kulonprogo Telah Dites Swab, Ini Hasilnya

Sebelum dinyatakan positif mengidap Covid-19, Achmad Purnomo diketahui beberapa kali melakukan perjalanan. Berdasarkan reportase tim Solopos.com beberapa hari terakhir, sang wakil wali kota Solo juga pernah melakukan perjalanan ke luar Kota.

Jakarta
Selain wara-wiri ke Balai Kota Solo, Achmad Purnomo juga pernah melakukan perjalanan ke Jakarta. Ia bahkan pernah dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana Negara pada Kamis 16 Juli 2020.

"Hari ini (Kamis 16/7 siang), saya dipanggil ke Istana Negara, diberitahu oleh Pak Jokowi kalau yang mendapat rekomendasi Gibran dan Teguh [Teguh Prakosa]. Giguh saya bilang, bukan Puguh [Purnomo-Teguh]. Ya, bagaimana. Pak Jokowi hanya mengatakan itu keputusan DPP, begitu," kata dia, kepada wartawan Kamis (16/7/2020) lalu.

Klaten
Sehari setelahnya, Achmad Wakil Wali Kota Solo yang belakangan diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 itu juga melakukan perjalan ke Kabupaten Klaten. Achmad Purnomo mengaku ingin ke Jogja, namun niat itu urung dilakukan dan memutuskan kembali ke Solo saat sudah tiba di Klaten.

"Saya menghibur diri dengan istri ke Jogja. Tapi sampai di Klaten balik lagi ke Solo," ujarnya saat ditemui di Balai Kota Solo, Sabtu (18/7/2020) silam.

Ia mengaku lantas berkeliling Kota Solo. "Setelah sampai Solo lagi ya lihat-lihat kerjaan lama aja," ujarnya.

Saat berjalan-jalan itu, Purnomo mengaku mengemudikan mobilnya seorang diri. "Saya nyetir sendiri. Makanya pas Pak Rudy [Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo] menelepon saya, saya tidak bisa angkat karena saya lagi nyetir," imbuh Purnomo.

Balai Kota
Tim Solopos.com juga pernah mewawancarai Achmad Purnomo di Balai Kota Solo pada Senin (20/7/2020). Pada saat itu, Achmad Purnomo mengaku bersedia jika diajak Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Indonesia Perjuangan (PDIP) Solo dalam tim pemenangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa di Pilkada Solo 2020.

Kini, sang wakil wali kota Solo yang sudah dinyatakan positif Covid-19 belum bisa dimintai keterangan. Namun, kabar Achmad Purnomo yang positif Covid-19 sudah dibenarkan Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, serta Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih.

Sumber : Solopos.com