Advertisement

Tjahjo Kumolo Optimistis Ibu Kota Baru Terealisasi 2024

Rayful Mudassir
Selasa, 23 Juni 2020 - 07:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tjahjo Kumolo Optimistis Ibu Kota Baru Terealisasi 2024 Konsep Ibu Kota Negara. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah mulai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo optimistis ibu kota baru akan terealisasi sesuai target semula pada 2024.

Dia menuturkan hingga kini kementerian telah mempersiapkan roadmap untuk perpindahan aparatur sipil negara (ASN) dari kementerian lembaga ke Kalimantan Tmur.

Advertisement

“Kami sudah persiapkan roadmap untuk perpindahan ASN di kementerian lembaga di rencana ibu kota baru nanti yang saya cukup optimis 2024 akan bisa terlaksana,” katanya saat webinar, Senin (22/6/2020).

Selain itu, KemenPANRB menargetkan penyederhanaan struktur birokrasi di kementerian lembaga hingga Pemerintah Daerah dapat selesai pada Desember 2020.

Saat ini kata dia, hanya sekitar 60% dari total instansi pemerintah serta kementerian dan lembaga yang telah telah melakukan reformasi birokrasi.

“Dalam konteks penyederhanaan birokrasi setingkat eselon tiga samoai empat harus kita cermati secara bersama. 60 persen sudah selesai inventarisasi penyederhanaan jabatan struktural ke fungsional,” ujarnya.

“Diharapkan Desember sudah selesai secara keseluruhan sehingga tahapan berikutnya nanti ada sejumlah hal yang harus diperbaiki termasuk tunjangan kinerja, tunjangan intensif dan lainnya,” tuturnya.

Dalam skenario yang ditetapkan pemerintah pada Januari lalu, sedikitnya 118.513 pegawai negeri sipil akan dipindahkan ke ibu kota Negara. Mereka berasal dari 116.157 PNS pusat berusia hingga 45 tahun dan 2.536 dari pejabat struktural.

Pemerintah juga mengutamakan pemindahan bagi berbagai instansi seperti MPR, DPR, DPD, MA, MK, Komisi Yudisial, sekretariat lembaga negara, sekretariat negara, Setkab, TNI, Polri, BIN hingga Kejaksaan Agung.

Semula Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan gedung pemerintahan di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim dilakukan pada 2020.

Namun, saat pandemi Covid-19 mulai meluas di Indonesia, pemerintah tidak lagi membahas rencana tersebut. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sempat menyebut komunikasi dengan investor IKN tetap berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement