Selain Indonesia, 5 Negara Ini Telah Batalkan Ibadah Haji 2020

Ibadah haji - Reuters/Ahmad Masood
12 Juni 2020 12:07 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Dampak dari wabah virus Corona penyebab Covid-19, sebanyak enam negara telah resmi membatalkan kegiatan ibadah haji 2020.

Keenam negara itu yakni Mesir, Singapura, India, Indonesia, Brunei Darussalam dan Malaysia. Demikian dikutip dari akun twitter resmi Kemenag mengutip Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com. 

"Selain Indonesia, sejumlah negara telah mengumumkan pembatalan keberangkatan jemaahnya pada penyenggaraan ibadah haji 1441H/2020M.Negara tersebut antara lain: Mesir, Singapura, India, Brunei Darussalam. Dan hari ini, Malaysia mengumumkan hal yang sama, Tangguh Hantar Jemaah Haji," demikian kutipan twitnya kemarin, Kamis 11 Juni 2020. 

Sementara itu, hingga saat ini Pemerintah Arab Saudi belum juga mengumumkan kepastian kegiatan ibadah haji 2020.

Beberapa hari lalu, muncul kabar ibadah haji akan digelar secara simbolis dengan pembatasan jamaah sebanyak maksimal 20 persen dari setiap negara dari kuota yang semula ditetapkan.

Jika ibadah haji 1441 hijriah atau 2020 kali ini dibatalkan, maka akan menjadi yang ke 41 kali sepanjang sejarah ibadah haji dilaksanakan.

Beberapa alasan pembatalan ibadah haji sebelumnya juga kebanyakan disebabkan karena adanya wabah seperti kolera dan meningitis.

Sumber : Bisnis.com