Demi Keselamatan Anak, Wali Kota Solo Belum Akan Buka Sekolah hingga Desember

Ilustrasi wartawan Harian Jogja, Nina Atmasari memberikan penjelasan pada siswa SD Tumbuh 1 Jogja, di kantor Harian Jogja, Kamis (11/10/2018) pagi. - Ist/ dok Harian Jogja
04 Juni 2020 12:57 WIB Whisnupaksa Kridhangkara News Share :

Harianjogja.com, SOLO--Wali Kota Solo,FX Hadi Rudyatmo berkukuh kegiatan belajar mengajar di sekolah belum bisa dimulai setidaknya hingga Desember 2020 mendatang. Hal tersebut sesuai dengan masukan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan ahli penyakit dalam.

Rudy, mengatakan jika kondisi Solo belum membaik, sementara pusat mengarahkan agar pelajar masuk sekolah mulai 13 Juli, dia akan meminta izin ke pemerintah pusat. Izin itu yakni agar proses belajar mengajar secara tatap muka di Solo baru dimulai paling cepat Desember. 

“Kami laporkan tatap muka pada Desember atau Januari. Siswa baru yang masuk Juli tidak perlu orientasi. Cuma siswa baru di sekolah itu apakah mau home visit atau diberikan sarananya, kami menunggu masukan kepala sekolah,” katanya.

Ia akan menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwali) yang berisi aturan agar para pelajar di Solo tidak bergerombol saat mulai masuk sekolah untuk mencegah paparan virus SARS CoV-2

Pertimbangannya, tingkat kematian anak akibat virus itu di Indonesia tercatat paling tinggi sedunia. Aturan tersebut termasuk mengatur bagaimana anak bersepeda ke sekolah, wajib memakai masker, dan sebagainya.

Sumber : JIBI/Solopos