Mensos: Rentan Terkena Covid-19, Lansia Harus Diberi Perhatian

Ilustrasi lansia - JIBI
29 Mei 2020 15:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Menteri Sosial Juliari P Batubara mengajak semua pihak untuk memberikan dukungan dan perhatian kepada para lanjut usia untuk menciptakan kenyamanan dalam menjalani kehidupan mereka terutama di tengah pandemi Covid-19.

"Lansia lebih rentan terkena Covid-19, hal tersebut disebabkan karena lansia telah mengalami penurunan akibat proses penuaan," kata Mensos dalam pidatonya pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-24  yang dipantau di Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Saat ini hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia sedang dilanda pandemi virus yang sangat berbahaya bagi kehidupan umat manusia terlebih bagi para lanjut usia.

Banyak ahli yang menyatakan bahwa kelompok umur di atas 60 tahun atau lansia lebih rentan terkena Covid-19, hal tersebut juga disebabkan sistem imun sebagai pelindung tubuh pada lansia tidak dapat bekerja dengan maksimal layaknya masih muda.

Mensos menyebutkan, setidaknya dua tugas bagi kaum muda untuk para lanjut usia di Indonesia. Pertama, ia mengajak kepada seluruh kaum muda agar dapat memanfaatkan kondisi saat ini untuk mempersiapkan diri memasuki masa lanjut usia, dengan menerapkan pola hidup yang lebih baik.

"Sebuah keniscayaan bagi kita semua menjadi lanjut usia, periode dimana segala fungsi baik motorik, sensorik dan mental mulai menurun, kondisi dimana sebagian dari kita memerlukan bantuan dan pertolongan orang lain yang lebih prima," katanya.

Kedua, ia juga mengimbau untuk senantiasa menghormati para lanjut usia dengan sikap menghargai dan membantu dalam segala kondisi dan keadaan.

"Mendahulukan kepentingan para lanjut usia di atas kepentingan kita merupakan salah satu bagian dari penghormatan kita kepada mereka," tambah dia.

HLUN ke-24 yang diperingati pada 29 Mei 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dilakukan secara virtual di tengah suasana pandemi Covid-19. Peringatan HLUN di Indonesia dicanangkan secara resmi pada 29 Mei 1996.

Sumber : Antara