Gereja-Gereja di Solo Disemprot Disinfektan

Ilustrasi Palang Merah Indonesia - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
15 Maret 2020 09:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SOLO - Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Solo menyemprotkan cairan disenfektan ke beberapa Gereja Kristen di Solo, Jawa Tengah untuk mencegah penyebaran virus Corona baru atau Covid-19, Sabtu (14/3/2020). Gereja-gereja tersebut adalah Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Sangkrah.

GBIS Kepunton yang pernah jadi sasaran aksi teror bom bunuh diri, pada 9 September 2011, disemprot disinfektan sekira pukul 15.00 WIB sore. Sedangkan GKI Sangkrah disemprot pukul 21.00 WIB malam.

Sasaran penyemprotan adalah seluruh ruangan, termasuk altar. Selama penyemprotan, gereja dikosongkan dulu. Selepas itu, baru jemaat dipersilakan beribadah lagi.

Jumadi, seorang petugas PMI Solo mengatakan, ada dua gereja yang disemprot, Sabtu. "Gereja Kepunton yang kita lakukan pukul 15.00 WIB. Dan Gereja Sangkrah yang kita lakukan pukul 21.00 WIB," katanya.

Menurut Jumali, nantinya secara bergilir seluruh gereja yang ada di Solo akan disemprot seluruhnya.

Penyemprotan ini menggunakan bahan yang sangat aman sekali untuk manusia. Harapannya, umat Nasrani dapat nyaman beribadah tanpa ada rasa takut terjangkit virus Corona.

"Jadi bergilir berdasarkan permintaan dari pihak gereja kebetulan yang pertama kali meminta di semorot itu Gereja Kepunton dan Sangkrah," terangnya.

Sejak merebaknya virus Corona, pengurus gereja juga menyediakan cairan antiseptik di pintu masuk gereja.

Sumber : Okezone