Pasien Tambahan Suspect Corona di RS Moewardi Adalah Rekan Pasien Meninggal Positif Covid-19

Simulasi penanganan pasien terjangkit virus Corona di RSUD dr. Moewardi Solo, Minggu (31/1/2020). - Solopos/Wahyu Prakoso
14 Maret 2020 16:47 WIB Newswire News Share :


Harianjogja.com, SOLO -- RSUD Dr. Moewardi Solo menerima satu pasien suspect virus Corona yang berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah (Jateng). Pasien dari Wonogiri tersebut diduga merupakan rekan dari pasien positif corona yang telah meninggal pada Rabu (11/3/2020) lalu.

Pasien suspect corona asal Wonogiri itu kini diisolasi di RSUD Dr. Moewardi bersama dengan dua pasien lainnya.

"Yang satu adalah dari Wonogiri ikut acara sama seminar di Bogor," ujar Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo kepada awak media, Sabtu (14/3/2020).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada satu pasien suspect corona asal Wonogiri dirujuk ke RSUD Dr. Moewardi Solo kemarin, Jumat (13/3/2020) malam.

Meski heboh Corona, pendidikan di Wonogiri berjalan seperti biasa dan tidak diliburkan. Untuk car free day (CFD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri memang berniat meliburkannya pada Minggu (15/3/2020) tetapi bukan karena corona.

CFD Wonogiri diliburkan sesuai yang direncanakan jauh-jauh hari karena akan dilakukan pembersihan area alun-alun menjelang Hari Ulang Tahun Wonogiri.

Sementara itu, saat ini Pemerintah Kota Solo sedang melakukan penelurusan kontak (contact tracing) pasien positif corona.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo bersama provinsi melakukan tracing ke berbagai kontak, di antaranya arisan di rumah makan, penumpang bus sebanyak 30 orang, dan tamu kondangan.

"Hari ini kita lakukan tracing dengan yang sudah pernah kontak ada di beberapa tempat. Setelah pulang dari Bogor pernah mengadakan arisan di salah satu tempat rumah makan. Perlu dilacak supaya penyebaran virus ini tak tersebar kemana-mana," lanjut lelaki yang akrab disapa Rudy ini.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, sebanyak tiga pasien diisolasi di RSUD Dr. Moewardi Solo. Satu di antaranya telah dinyatakan positif terinfeksi corona dan dua yang lainnya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

Sumber : Suara.com