Advertisement

Tol Probowangi Mulai Digarap Bulan Depan

Peni Widarti
Sabtu, 15 Februari 2020 - 02:57 WIB
Budi Cahyana
Tol Probowangi Mulai Digarap Bulan Depan Ilustrasi jalan tol. - JIBI/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, SURABAYA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk segera membangun Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi (Probowangi) Seksi 3 mengingat proses penentuan lokasi (penlok) sudah rampung bulan ini.

Direktur Utama PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) D. Hari Pratama mengatakan Surat Keputusan (SK) penetapan lokasi untuk wilayah Probolinggo dan Situbondo sudah diterbitkan sehingga sudah bisa dimulai dengan proses pembebasan lahan dan dilanjutkan konstruksi.

Advertisement

"Penlok untuk Banyuwangi, diharapkan dalam satu bulan ini juga sudah keluar sehingga pembebasan lahannya bisa dimulai pada Maret 2020,” katanya dalam rilis, Jumat (14/2/2020).

Adapun, sebelumnya JPB telah mendukung pelaksanaan konsultasi publik yang dilakukan oleh Pemprov Jawa Timur, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Lahan Probowangi 3, dan Pemkab Banyuwangi kepada sekitar 800 warga yang lahannya terdampak pembebasan lahan.

Hasilnya, seluruh warga terdampak menyetujui dan sudah menandatangani berita acara persetujuan pembebasan lahannya. Berita acara inilah yang menjadi dasar penerbitan SK penlok oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Setelah SK penlok diterbitkan, lanjutnya, akan dibentuk Sekretariat dan Satgas Pelaksana Pengadaan Tanah oleh Kantor BPN setempat yang akan melaksanakan proses pembebasan lahan.

Hari menambahkan pembangun tol secara bertahap dilakukan sesuai dengan ketersediaan lahan yang telah bebas dan diserahterimakan ke PT JPB. Saat ini, pihaknya memantau dan mendukung proses pembebasan tanah yang dilakukan oleh para PPK Lahan dan kantor-kantor BPN setempat.

“Dengan dimulainya proses pembebasan lahan di proyek tersebut diharapkan seluruh pembangunan jalan tol Probolinggo – Banyuwangi rampung pada 2025 mendatang,” imbuhnya.

Grup usaha PT Jasa Marga Tbk. itu membangun jalan tol Probowangi sepanjang 171,516 km, yang terbagi menjadi tiga seksi. Ketiga seksi itu adalah Seksi 1 Probolinggo-Besuki (29,6 km), Seksi 2 Besuki-Bajulmati (110,875 km), dan Seksi 3 Bajulmati-Ketapang (31,041 km).

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi akan menjadi titik akhir jaringan Jalan Tol Trans Jawa. Konsesi untuk pembangunan jalan tol ini adalah 35 tahun dengan dana investasi mencapai Rp23,3 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, Pemda DIY Klaim Harga Beras Mulai Turun di Pasaran

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement