1 Pasien Virus Corona di Wuhan Diklaim Sembuh, Dokter China Sebut Ini Obatnya

Pekerja dari Departemen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mendisinfeksi area perumahan setelah wabah virus Corona, di Ruichang, Provinsi Jiangxi, China, pada Sabtu (25/1 - 2020). / Reuters
27 Januari 2020 13:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SHANGHAI- Kabar baik dari penanganan virus Corona di China. Baru-baru ini Komisi Kesehatan Kota Shanghai mengklaim salah satu pasien dengan virus corona dinyatakan sembuh.

Seorang wanita berusia 56 tahun bernama Chen, diklaim sembuh dan sudah dipulangkan dari rumah sakit. Chen menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam sistem pernapasannya setelah melalui pemindaian CT paru dan dua tes darah yang menunjukkan ia bebas dari virus corona, seperti yang dilaporkan pada Minggu 26 Januari oleh koran harian Beijing milik pemerintah, dikutip dari The Star.

Pasien dilaporkan dibebaskan dari karantina setelah pemeriksaan lebih lanjut untuk mencegah penyebaran infeksi.

Sebelumnya, Chen adalah penduduk Wuhan, kota tempat virus corona berasal. Awalnya, ia dilaporkan merasakan gejala seperti flu pada 10 Januari sebelum dirawat di rumah sakit pada 12 Januari kemarin.

Setelah hampir dua minggu melakukan perawatan medis, akhirnya ia diklaim sembuh. Dokter China mengatakan 'obat ajaib HIV' bisa menghentikan penyebaran penyakit ke sel, berdasarkan hasil dari percobaan sebelumnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa obat yang dikenal sebagai, "Nelfinavir", disebut dapat mengurangi produksi virus dari sel.

Fasilitas darurat untuk menangani pasien dengan virus corona saat ini juga sedang dibangun. Bahkan, rumah sakit lengkap khusus untuk pasien virus corona disebut siap beroperasi minggu depan.

Selain Chen, dilaporkan juga bahwa seorang pria berusia 46 tahun telah menjadi pasien pertama di Provinsi Zhejiang China timur yang sembuh dari penyakit serupa. Pria itu disebut meninggalkan rumah sakit pada hari Jumat, minggu kemarin, setelah menjalani perawatan selama seminggu.

Sumber : detik.com