Advertisement

35 Orang Tewas saat Melayat Jenazah Qasem Soleimani yang Dibunuh Amerika Serikat

Newswire
Selasa, 07 Januari 2020 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
35 Orang Tewas saat Melayat Jenazah Qasem Soleimani yang Dibunuh Amerika Serikat Qasem Soleimani - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, TEHERAN--Pemakaman Komandan Pasukan Elite Iran Qasem Soleimani, yang dihadiri ribuan orang menelan korban jiwa.

Insiden desak-desakan maut terjadi saat prosesi pemakaman Qasem Soleimani, yang tewas dalam serangan Amerika Serikat (AS), digelar di kota Kerman, Iran. Sedikitnya 35 orang dilaporkan tewas saat aksi dorong-dorongan dan saling injak terjadi dalam prosesi yang diikuti oleh banyak orang ini.

Advertisement

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Selasa (7/1/2020), prosesi pemakaman Komandan Pasukan Quds pada Garda Revolusi Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani, yang tewas dalam serangan drone militer AS digelar pada Selasa (7/1/2020) waktu setempat dengan diikuti banyak orang. Lautan manusia dilaporkan memenuhi jalanan kota Kerman, yang merupakan kota asal Soleimani.

Warga Iran memenuhi kawasan Alun-alun Azadi yang menjadi lokasi dua peti mati berselimutkan bendera Iran dipamerkan ke publik. Satu peti berisi jenazah Soleimani dan satu peti lainnya berisi jenazah ajudan terdekat Soleimani, Brigadir Jenderal Hossein Purjafari, yang juga tewas dalam serangan AS.

Aksi dorong-dorongan dan saling injak tak terhindarkan dengan banyaknya warga yang ingin memberikan penghormatan terakhir kepada Soleimani yang sosoknya sangat dihormati oleh warga Iran. Nahas, puluhan orang dilaporkan tewas dalam insiden itu.

"Sejumlah warga yang ikut dalam prosesi pemakaman terluka dan sejumlah orang lainnya kehilangan nyawanya," sebut Kepala Departemen Medis Darurat Iran, Pirhossein Koolivand, dalam pernyataannya.

Koolivand tidak menyebut jumlah pasti korban tewas dalam insiden itu. Namun laporan televisi Iran menyebut ada 35 orang tewas dan 48 orang lainnya luka-luka.

"Sangat disayangkan, karena kepadatan yang luar biasa, lebih dari 30 orang kehilangan nyawanya dan puluhan orang lainnya luka-luka," demikian laporan televisi nasional Iran seperti dikutip AFP. Tidak diketahui pasti sumber informasi ini.

Video-video yang diunggah secara online menunjukkan beberapa orang tergeletak di jalanan, dengan beberapa orang lain berteriak meminta tolong dan beberapa orang berupaya memberikan bantuan.

Sebelum dibawa ke Kerman, jenazah Soleimani diarak di kota Ahvaz, Mashhad, Teheran dan Qom. Prosesi besar-besaran ini dilaporkan diikuti oleh lebih dari 1 juta warga Iran. Rencananya, Soleimani alan dimakamkan di pemakaman khusus martir di Kerman pada pukul 14.00 hingga pukul 16.00 waktu setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Catat! Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Lokasi Wisata Wilayah Bantul

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement