BMKG: Wilayah Jabodetabek Masih Diguyur Hujan Hingga Pekan Depan

Warga mengevakuasi keluarganya mengunakan perahu rakit saat banjir di Desa Karangligar, Karawang, Jawa Barat, Rabu (1/1/2020). - Antara/M. Ibnu Chazar
01 Januari 2020 22:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan tetap mengguyur kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) hingga pekan depan.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab mengatakan intensitas hujan tersebut terjadi di saat belum memasuki puncak musim hujan.

"Ini yang perlu kita cermati, saat ini adalah belum memasuki puncak musim hujan. Jadi otensi hujan rendah dan hujan lebat masih ada sampai seminggu ke depan," ujar Fachri di Jakarta, Rabu (1/1/2020).

Selain itu, Fachri mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi pasang air laut yang diprediksi terjadi dalam awal minggu Januari 2020. BMKG memprediksi pada 5-6 Januari akan ada pasang air laut yang mempengaruhi kenaikan permukaan air di daratan saat hujan mengguyur hingga banjir.

"BMKG akan menginformasikan peringatan itu tiga jam sebelum kejadian, seperti halnya kami infokan ke masyarakat," ujar dia.

Sumber : Antara