Diajukan Awal Januari 2020, Erick Thohir Sebut Ada Kejutan pada 3 Nama Calon Dirut Garuda Indonesia

Maskapai nasional Garuda Indonesia menyambut armada A330-900neo di Hangar 2 Garuda Indonesia Maintenance Facility AeroAsia, pada hari Rabu (27/11/2019). - Dok. Garuda Indonesia
23 Desember 2019 11:17 WIB Annisa Sulistyo Rini News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pada awal 2020, Kementerian BUMN bakal mengajukan 3 nama calon pengisi direktur utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir seusai acara Peringatan Hari Ibu di Lingkungan BUMN, di Jakarta, Minggu (22/12/2019).

Rencananya, rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) Garuda Indonesia bakal dilaksanakan pada 22 Januari 2020.

"Nanti awal Januari akan diajukan 3 calon, sekarang belum ada pengajuan ke TPA [Tim Penilai Akhir]," ujarnya.

Namun, Erick masih enggan memberikan bocoran nama calon pengisi posisi direktur utama maskapai milik negara tersebut. Dia hanya menyampaikan bahwa jika kemungkinan akan ada kejutan.

"Kalau enggak ada kejutan, enggak seru," ujarnya.

Lebih jauh, dia menyampaikan bahwa proses pemilihan pengisi jabatan di perusahaan pelat merah akan dilakukan secara transparan dan melalui tim penilai akhir (TPA). Hal ini dilakukan agar pasar memberikan respon yang baik.

"Ini yang mau saya jaga agar pasar merespon positif," katanya.

Seperti diketahui, saat ini posisi Direktur Utama Garuda Indonesia diisi oleh Pelaksana Tugas yang merangkap Direktur Keuangan Fuad Rizal setelah I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra dicopot.

Perombakan pimpinan emiten dengan kode saham GIAA ini dilakukan Kementerian BUMN setelah kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat anyar yang diterbangkan dari pabrik Airbus, Toulouse, Prancis.

Tidak hanya itu, Dewan Komisaris Garuda Indonesia setelah rapat dengan Menteri BUMN mengambil keputusan untuk menghentikan direksi yang terindikasi terlibat penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Selain direktur utama, posisi yang diisi oleh pelaksana harian yaitu direktur operasi, direktur teknis dan layanan, direktur human capital, dan direktur kargo dan pengembangan usaha. 

Sumber : Bisnis.com