Advertisement

Cadangan Beras 4 Juta Ton, Pemerintah Jamin Stok Pangan Aman Sampai dengan Maret 2020

Newswire
Senin, 16 Desember 2019 - 08:07 WIB
Budi Cahyana
Cadangan Beras 4 Juta Ton, Pemerintah Jamin Stok Pangan Aman Sampai dengan Maret 2020 Pedagang menata beras di Pasar Tradisional Pinasungkulan, Manado, Sulawesi Utara, Senin (29/4/2019). - Antara/Adwit B Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah menjamin ketersediaan pangan nasional aman sampai dengan Maret 2020. Kondisi ini didukung oleh surplus beras yang diklaim mencapai 4 juta ton.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan jumlah pasokan tersebut sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. Dia juga mengaku sudah mengecek ketersediaan beras di lapangan. 

Advertisement

"Kami menjamin makan kita sampai Maret [2020] aman. Memang kemarau panjang November hingga awal Desember [2019], ada minus. Namun, masuk Desember 2019 hingga Maret 2020, kita akan over stock 4 juta ton," sebutnya di sela-sela  pencanangan Gerakan Agripreneur dan Tiga Kali Lipat Ekspor di Monumen Mandala, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (15/12/2019).

Seperti dilansir Antara, Syahrul meyakinkan ketersediaan pangan nasional akan tetap terkendali meski banjir, yang diproyeksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berlangsung pada Januari-Februari 2020, terjadi. 

Meski demikian, dia mengakui ada 10 provinsi yang masuk kategori rawan pangan dan sedang dipantau oleh pemerintah. Kondisi rawan pangan bisa terjadi akibat pengaruh musim atau terkendala distribusi karena medannya cukup sulit dijangkau, seperti Papua yang bergunung-gunung. 

"Ada 10 provinsi rawan dalam pangan, terutama Papua. Perintah Presiden untuk mengangkut [komoditas pangan] pakai heli ke lokasi itu," ujar Syahrul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabupaten Sleman Prioritaskan Pembangunan Pertanian

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement