Advertisement

Direksi Garuda Indonesia Dirombak, Siapa Diganti?

Muhammad Ridwan
Minggu, 08 Desember 2019 - 05:17 WIB
Nina Atmasari
Direksi Garuda Indonesia Dirombak, Siapa Diganti? Komisaris Utama PT Garuda Indonesia(Persero) Tbk, Sahala Lumban Gaol(kedua dari kanan) dan para komisaris di Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (7/12/2019). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Dewan Komisaris Garuda Indonesia telah memberhentikan sementara dewan direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. yang terlibat pada skandal penyelundupan barang ilegal. Selanjutnya, mereka akan mencari penggantinya secara cepat.

Komisaris Utama Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol mengatakan bahwa perombakan direksi yang dilakukan Kementerian BUMN Bersama dengan Dewan Komisaris dipastikan tidak akan mengganggu operasional Garuda Indonesia.

Advertisement

“Kami sedang memutuskan siapa yang terbaik. Nanti sudah akan ada, kami akan tetap kompeten,” katanya di Kementerian BUMN, Sabtu (7/12/2019).

Pergantian tersebut menyusul pertemuan antara Menteri BUMN Erick Thohir dengan Dewan Komisaris Garuda Indonesia yang menyepakati pemberhentian sementara semua anggota direksi yang terindikasi terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam kasus dugaan penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompoton dalam penerbangan ferry flight pesawat GA-9721 jenis Airbus A330-900 Neo yang datang dari pabrik Airbus Perancis pada 17 November 2019 di Soekarno Hatta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kendati demikian, Sahala belum membeberkan secara gamblang nama-nama direksi yang diberhentikan.

"Di sini saya belum mau mengatakan, kesepakatan ini disebut direksi yang terindikasi terlibat secara langsung maupun tidak langsung," ujarnya di Kementerian BUMN, Sabtu (7/12/2019).

Berdasarkan data manifes penerbangan Airbus A330-900 Garuda Indonesia, terdapat empat nama direksi yang ikut dalam penerbangan tersebut. Keempatnya adalah I Gusti Ngurah Askhara Direktur Utama Garuda Indonesia, Iwan Joeniarto Direktur Teknik dan Layanan Garuda Indonesia , Mohammad Iqbal Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Garuda Indonesia , dan Heri Akhyar Direktur Capital Human Garuda Indonesia.

Sumber Bisnis Indonesia mengungkapkan bahwa Direktur Niaga Pikri Ilham Kurniansyah dan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Fuad Rizal tidak terindikasi terlibat dalam skandal ini. Keduanya ikut dalam konferensi pers.

Sebelumnya pada 5 Desember 2019, Menteri BUMN Erick Thohir telah lebih dulu memberhentikan Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara karena kepemilikan Harley Davidson yang ada pada penerbangan tersebut.

Dengan demikian, Dewan Komisaris Garuda Indonesia telah menerbitkan Keputusan Dewan Komisaris Nomor: DEKOM/SKEP/011/2019 5 Desember 2019 yang menetapkan Fuad Rizal sebagai Plt Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. disamping melaksanakan tugasnya sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Program Transmigrasi, DIY Dapat Kuota 16 Kepala Keluarga

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement