Advertisement

Emak-Emak Jadi Sasaran Empuk Politik Uang

Nina Atmasari
Selasa, 05 November 2019 - 14:57 WIB
Nina Atmasari
Emak-Emak Jadi Sasaran Empuk Politik Uang Sosialisasi pengawasan partisipatif pembentukan desa pengawasan dan desa anti money politik yang digelar Bawaslu Kabupaten Magelang di Hotel Atria Kota Magelang, Senin (4/11/2019). - Ist/Dok Bawaslu

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Bambang Eka Cahya Widodo, mantan Ketua Bawaslu RI periode 2008 - 2012 mengungkap ada lima tantangan utama yang harus diatasi untuk pemilu yang berintegritas.

Ia menyebut di antaranya membangun kedaulatan hukum untuk mendukung hak asasi mausia dan keadilan pemilu, membangun badan penyelenggara yang profesional dan kompeten dengan kemandirian bertindak yang penuh dan menyelenggarakan pemilihan dengan transparan dan mendapat kepercayaan politik.

Advertisement

“Kemudian memperbaiki norma dan institusi mukti partai dan pembagian kekuasaan yang mendukung demokrasi sebagai sistem keamanan bersama di antara para kompetitor politik serta mengatasi hambatan hukum,” katanya, saat menjadi narasumber dalam acara sosialisasi pengawasan partisipatif pembentukan desa pengawasan dan desa anti money politik yang digelar Bawaslu Kabupaten Magelang di Hotel Atria Kota Magelang, Senin (4/11/2019).

Bambang juga menyebut ada tiga level yang dirusak akibat politik uang, yakni mengakibatkan arena pertandingan tidak berimbang, mengabaikan hak warga negara agar bebas memformulasikan dan mengekspresikan pilihan politiknya serta meruntuhkan integritas pemilu.

Menurutnya, Bawaslu yang salah satu tugasnya memberantas politik uang harus bisa menjawab tantangan ini.

Ia menyebutkan jual beli politik uang selama Pemilu 2019, berkisar antara 19,4% hingga 33,1%. Angka ini tertinggi ketiga se dunia setelah India dan USA. Menariknya, praktek money politik itu, biasanya para pelaku memanfaatkan kaum perempuan terutama ibu-ibu. Alasannya, mereka lebih jujur dan dapat diandalkan untuk mendulang suara.

"Para politisi itu saat melakukan praktek money politic lebih percaya pada para ibu dibanding bapak-bapak. Selain lebih dipercaya, mereka juga lebih jujur. Dan mayoritas para politisi yang saat ini jadi, masih menggunakan praktek-praktek money politic tersebut," kataya.

Pembicara lain dalam kegiatan tersebut, KH Labib Achmad yang juga mantan Ketua DPRD Kabupaten Magelang periode 2004-2009 menyebutkan kriteria pemimpin yang baik, hanya ada dua, yakni takut pada Allah dan sayang rakyat.

"Mereka yang melakukan politik uang itu pasti tidak takut Allah. Sehingga bagaimana mereka mau menyayangi rakyat kalo pada Allah saja tidak takut?" katanya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, M Habib Sholeh mengatakan Bawaslu Kabupaten Magelang telah melakukan berbagai upaya untuk meminimalisasi praktek-praktek money politik, yakni inovasi pencegahan politik uang mulai dari keluarga money politik, desa anti money politik, sticker sosialisasi, kampung anti money politik, buku khubah jumat, gelar budaya siogo magito-gito. Selain itu juga melakukan sobo kampung, membuat vlog, iklan layanan masyarakat dan sosialisasi kelompok sasaran.

“Berbagai inovasi yang kami lakukan bahkan menjadi percontohan di daerah lain,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement