Advertisement

Nadiem Makarim Diprediksi Hanya Setahun Jadi Mendikbud

Samdysara Saragih
Kamis, 24 Oktober 2019 - 20:37 WIB
Budi Cahyana
Nadiem Makarim Diprediksi Hanya Setahun Jadi Mendikbud Mendikbud Nadiem Makarim - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA  -  Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti meyakini bekas bos Gojek Nadiem Anwar Makarim disiapkan Presiden Joko Widodo untuk memimpin pos kementerian ekonomi sehingga tak akan lama menjadi Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi.

Namun, menurut Ray, kursi tersebut tidak tersedia ketika proses penggodokan Kabinet Indonesia Maju (KIM) awal pekan ini. Alhasil, Nadiem untuk sementara dilantik sebagai Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi.

Advertisement

“Nadiem mungkin setahun saja [jadi mendikbud] untuk kemudian direposisi [ke jajaran pos ekonomi],” ujarnya dalam acara dikusi Kabinet Tanpa Oposisi: Nasib Negeri di Era Oligarki Partai di Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Ray berpendapat Jokowi telanjur jatuh hati dengan keberhasilan Nadiem membangun perusahaan rintisan digital. Meskipun kursi ideal untuk Nadiem tak tersedia, Jokowi tetap ngotot memasukkan lulusan Universitas Harvard tersebut dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM).

Menurut Ray, Jokowi terpaksa mengakomodasi kader partai politik untuk mengisi posisi yang semestinya ditempati oleh Nadiem. Jika kader parpol tersebut terbukti tidak becus, Jokowi memiliki justifikasi untuk melakukan pergantian.

“Saya memiliki bacaan, dalam 1 tahun akan ada reshuffle dan reposisi,” ujar Ray.

Pada Rabu (23/10/2019), Nadiem dilantik bersama dengan 37 anggota KIM di Istana Merdeka. Dia menggantikan Muhadjir Effendy yang ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Kepada media, Nadiem mengakui bahwa dirinya tidak memiliki latar belakang dunia pendidikan. Meski demikian, putra advokat Nono Anwar Makarim tersebut mengaku sebagai seorang pembelajar.

“Saya belum tentu mengerti, tapi lebih mengerti apa yang akan ada di masa depan,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement