Advertisement

9 Kepala Negara Dijadwalkan Hadiri Pelantikan Jokowi

Newswire
Sabtu, 19 Oktober 2019 - 11:17 WIB
Sunartono
9 Kepala Negara Dijadwalkan Hadiri Pelantikan Jokowi Presiden Joko Widodo. - ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Sembilan kepala negara sahabat dipastikan menghadiri pelantikan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2019. TNI-Polri memperketat pengamanan.

Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra mengatakan, aparat gabungan TNI-Polri mulai memperketat pengamanan mengingat beberapa dari sembilan kepala negara itu sudah tiba di Jakarta.

Advertisement

 "Sebagian telah tiba di Jakarta. Sudah dipastikan bahwa ada sembilan kepala negara yang hadir dan kemudian sembilan merupakan perwakilan atau utusan khusus dari negara," kata Asep di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2019).

Asep tak merinci dari mana saja sembilan kepala negara tersebut, namun kebanyakan dari Asia Tenggara. Menurut Asep, untuk pengamanan kepada kepala negara yang hadir akan dilakukan mulai dari tiba di Jakarta hingga meninggalkan Jakarta.

"Untuk pemberlakukan operasi keamanan terhadap sembilan kepala negara itu gunakan Operasi Waskita di mana leading sektornya adalah TNI," ujar Asep.

Selain mengamankan tamu negara, TNI juga mengamankan area ring 1 proses pelantikan atau di dalam Gedung DPR-MPR. Sementara untuk Polri berada di ring 2, 3 dan selanjutnya.

"Untuk pola pengamanan sendiri ring 1 adalah Operasi Waskita yang tanggung jawabnya adalah Paspampres," katanya.

Selain mengamankan Gedung DPR-MPR dan sekitarnya, aparat juga mengamankan objek-objek vital dan sentra ekonomi. "Tentunya ini semua untuk menjamin semua keamanan baik pada titik pusat kegiatan atau beberapa objek vital untuk diantisipasi pengamanan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AHY Menegaskan Tidak Akan Ada Lagi Asal Menggusur di IKN

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement