Advertisement

Makan Ayam Goreng di Kegiatan Perkemahan, Puluhan Siswa Keracunan

Newswire
Sabtu, 12 Oktober 2019 - 19:17 WIB
Sunartono
Makan Ayam Goreng di Kegiatan Perkemahan, Puluhan Siswa Keracunan Ilustrasi keracunan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KENDAL--Puluhan siswa SMAN 1 Weleri di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), mengalami keracunan makanan saat kegiatan kemah di lingkungan sekolah. Mereka mengeluh mual dan pusing usai menyantap makan malam yang disajikan pihak sekolah.

Dikutip iNews, hingga Jumat (11/10/2019) malam pukul 23.30 WIB, ada 60 siswa yang dilarikan ke Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Weleri, dan sebagian dibawa ke klinik terdekat.

Advertisement

Pantauan di lokasi, mobil dinas milik sekolah dan Polsek Weleri bolak-balik membawa siswa yang keracunan. Mereka yang memiliki keluhan sampai muntah-muntah dan kondisinya lemas, langsung dilarikan ke rumah sakit.

"Makan ayam geprek. Setelah makan tiba-tiba terasa pusing dan mual," kata seorang siswi SMAN 1 Weleri yang mengalami keracunan makanan di RS Islam Muhammadiyah Weleri, Sabtu (12/10/2019) pagi.

Makanan tersebut dikemas dalam wadah sterofoam. Pihak sekolah memesan makanan tersebut ke pihak katering untuk acara kamping Pramuka di halaman sekolah.

Dokter jaga RS Islam Muhammadiyah Weleri, dr Bramuchaer mengatakan, keluhan pasien sementara ini hanya mual dan muntah-muntah. Kondisi tersebut dikarenakan mereka kekurangan cairan, jadi langkah medis yang dilakukan yakni memberikan tambahan cairan.

"Kami akan observasi dulu selama 6-24 jam ke depan. Bila kondisi membaik, pasien diizinkan pulang. Namun jika belum stabil, pihaknya akan berkoordinasi dengan dokter spesialis untuk penanganan lebih lanjut," ujar dia.

Korban keracunan dari siswa-siswi SMAN 1 Weleri diperkirakan dapat terus bertambah. Karena ada 300 orang yang ikut dalam acara kamping tersebut dan ikut memakan konsumsi yang disiapkan sekolah.

Hingga saat ini, petugas dari Polsek Weleri dan Polres Kendal masih memeriksa sejumlah saksi, baik dari sekolah maupun penyedia makanan. Polisi juga sudah mengamankan sisa makanan yang diduga menjadi penyebab puluhan siswa-siswi SMAN 1 Weleri keracunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : inews.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement