Advertisement

Penyerang Wiranto Diduga Lonewolf dari Kelompok Ini

Sholahuddin Al Ayyubi
Kamis, 10 Oktober 2019 - 15:47 WIB
Budi Cahyana
Penyerang Wiranto Diduga Lonewolf dari Kelompok Ini Menko Polhukam Wiranto (kedua kiri) diserang orang tak dikenal dalam kunjungannya di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019). - Antara/Dok Polres Pandeglang

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Yayasan Lingkar Perdamaian (YLP) meyakini dua orang yang menyerang Menko Polhukam Wiranto dan Kapolsek Pandeglang terafiliasi dengan jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Direktur Program Pemberdayaan YLP, Mohammad In'am Amin, mengungkapkan pola serangan yang tidak terukur dan liar terhadap Wiranto dan Kapolsek menunjukkan keduanya mendapatkan ajaran itu dari kelompok JAD.

Advertisement

In'am menjelaskan pelaku tidak bergabung secara penuh dengan kelompok teroris JAD, tapi melakukan aksi teror seorang diri atau lonewolf melalui media sosial.

"Saya kira, pelaku ini adalah kelompok teroris JAD. Bisa dilihat dari aksi terornya yang tidak terukur itu," tutur In'am, Kamis (10/10/2019).

Selain itu, mantan teroris Jamaah Islamiyah (JI) tersebut menilai kelompok JAD dewasa ini tidak memiliki banyak dana untuk aksi teror, sehingga seringkali memanfaatkan orang lain untuk melakukan teror seorang diri.

"Kita lihat saja hari ini, JAD dan ISIS itu sudah kehabisan amunisi [dana], karena itu mereka lebih sering memanfaatkan lonewolf," kata In'am.

Sebelumnya beredar video di media sosial ihwal kejadian penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto dan Kapolsek Pandeglang oleh seseorang yang tidak dikenal. 

Dari informasi yang diperoleh, saat insiden tersebut terjadi, Wiranto baru turun dari mobil dan hendak naik helikopter. Tiba-tiba, ada seseorang yang menyerangnya menggunakan pisau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement