Advertisement

JK: Tujuan untuk Menyejahterakan Masyarakat Tak Pernah Berubah

Anggara Pernando
Selasa, 08 Oktober 2019 - 15:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
JK: Tujuan untuk Menyejahterakan Masyarakat Tak Pernah Berubah Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan pidato kunci pada Konfrensi Keberlanjutan Lautan untuk Meningkatkan Kesejahteraan dan Mengurangi Kesenjangan yang dilakukan oleh Bappenas di Jakarta, Selasa (8/10/2019). JIBI/Bisnis - Anggara Pernando

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Tujuan terbesar dari komitmen pembangunan berkelanjutan (SDGs) adalah mengentaskan kemiskinan

Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam konfrensi tahunan 'Keberlanjutan Lautan untuk Meningkatkan Kesejahteraan dan Mengurangi Kesenjangan' yang diselenggarakan oleh Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Advertisement

"Banyak yang berubah dalam kehidupan, namun yang tidak berubah adalah tujuan untuk menyejahterakan masyarakat," katanya. 

Jusuf Kalla menyebut 17 poin tujuan SDGs merupakan sebuah keharusan untuk dirampungkan, namun muara dari semua taget itu yakni menghapuskan kemiskinan.

"Setiap konfrensi bagus, namun yang lebih baik pelaksanaan [di lapangan]. Bagaimana melaksanakannya bersama-sama [mengatasi kemiskinan masyarakat]," ujar Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla yang juga ketua Palang Merah Indonesia itu menekankan untuk mengentaskan kemiskinan, maka para pemangku kepentingan seharusnya bekerja sama di lapangan untuk melakukan aksi nyata.

"Ada berbagai upacara mencapai itu [mengentaskan kemiskinan] namun bukan di ruang seminar di lapangan," katanya.

Politisi senior Partai Golkar itu menambahkan saat ini SDGs telah berjalan lima tahun. Sementara, target penyelesaian program ini rampung pada 2030. Ia menyebutkan berdasarkan pertemuan pemimpin dunia dalam Sidang Umum PBB di New York beberapa waktu lalu, dibutuhkan biaya US$2,5 triliun agar program ini rampung sesuai rencana.

"Maka kerja sama begitu penting. Kerja sama baru dapat dilakukan kalau kita memahami masalah," tambah Jusuf Kalla.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement