Advertisement

Mesra di Pilpres, Kini PKS Tinggalkan Calon dari Gerindra saat Pilih Ketua MPR

Newswire
Kamis, 03 Oktober 2019 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Mesra di Pilpres, Kini PKS Tinggalkan Calon dari Gerindra saat Pilih Ketua MPR Wakil Ketua Majelis Syuro DPP PKS Hidayat Nur Wahid. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Kendati mesra saat gelaran Pilpres 2019, kini PKS dan Gerindra tak sejalan dalam hal pemilihan Ketua MPR.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ikut menentukan sikap dalam menentukan kursi ketua MPR. Setelah dilakukan lobi dan rapat musyawarah mufakat, PKS mendukung pencalonan Bambang Soesatyo atau Bamsoet dari fraksi Golkar.

Advertisement

Calon pimpinan MPR dari PKS, Hidayat Nur Wahid mengatakan PKS mengikuti langkah tujuh fraksi lainnya yang sudah lebih dulu mendukung Bamsoet. Dengan bertambahnya PKS, otomatis Bamsoet kini didukung oleh delapan fraksi di luar dari Gerindra dan unsur DPD.

"Semuanya menyebutkan mendukung Pak Bambang Soesatyo dan dalam semangat untuk menghormati kebijakan untuk mengambil keputusan, untuk menghadirkan perubahan, untuk memunculkan permusyawaratan dan permufakatan, maka PKS bisa menerima usulan untuk mendukung Pak Bambang Soesatyo sebagai calon ketua MPR," ujar Hidayat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Hidayat menuturkan, hingga saat ini hanya tinggal menunggu keputusan dari Gerindra yang masih mencoba mengajukan nama Ahmad Muzani sebagai ketua MPR. Selain itu, DPD yang masih meminta waktu pengambilan keputusan terkait dukungan juga masih berlangsung.

"Belum, Gerindra tetap sampaikan sikapnya untuk mengusung Pak Muzani, karenanya sekarang lagi skorsing untuk kemudian diadakan lobi khusus," ujar Hidayat.

Dengan tambahan dukungan dari PKS, kini sudah ada delapan fraksi yang mendukung Bamsoet di antarnya yakni PDI Perjuangan, Nasdem, Golkar, Demokrat, PKB, PPP, PAN, dan PKS.

Sebelumnya, Partai Kabangkitan Bangsa (PKB) telah mengambil keputusan dalam menentukan arah dukungan terkiat kandidat calon ketua MPR periode 2019-2024. Mereka bulat memilih walil dari Fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo.

"Kalau PKB dari awal mengusung kebersamaan, yang diusung sebagai bentuk kebersamaan adalah Pak Bambang Soesatyo," kata Ketua Fraksi PKB di MPR, Jazilul Fawaid di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement