Advertisement

Perguruan Tinggi Diminta Ikut Bantu Selesaikan Masalah Papua

Nancy Junita
Kamis, 03 Oktober 2019 - 15:17 WIB
Sunartono
Perguruan Tinggi Diminta Ikut Bantu Selesaikan Masalah Papua Presiden Joko Widodo (tengah) saat berada di Surakarta memperingati Hari Batik Nasional, Rabu (2/10/2019). - Instgaram @jokowi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -  Forum Rektor Indonesia bersama Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi  di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Dalam kesempatan itu, mereka berbincang tentang banyak hal. Salah satunya adalah mengenai Papua. Salah satu rektor yang ikut bertemu Presiden, Rektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan Presiden menyampaikan pesan mengenai Papua kepada rektor sebagai pengelola pendidikan tinggi.

Advertisement

"Persoalan Papua adalah persoalan yang sangat kompleks dan diminta oleh Presiden bagaimana perguruan tinggi ikut sama-sama [membantu Papua], baik [melalui] jalur pendidikan, pengembangan sumber daya manusia di Papua, atau pendekatan kultural," kata Dwia.

Menurutnya, pendekatan pendidikan serta kultural dan pengembangan sumber daya manusia penting meningkatkan harga diri masyarakat Papua.

Seperti diketahui, perhatian masyarakat terhadap Papua meningkat belakangan ini menyusul serangkaian kerusuhan yang terjadi di sejumlah daerah di Papua. Kerusuhan itu dipicu oleh banyak sebab, salah satunya mengenai isu rasisme terhadap masyarakat Papua.

Sejumlah pihak di luar negeri, termasuk masyarakat keturunan Papua, sedang memperjuangkan kemerdekaan Papua dari Indonesia. Masalah Papua juga mendapatkan sorotan dari dunia internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Warga Kulonprogo Ajukan Gugatan Disebut Nonpribumi Saat Balik Nama Sertifikat, Sidang Ditunda Lagi

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement