Advertisement

Donald Trump Sebut Habibie Luar Biasa dalam Menjaga Persatuan dan Tradisi Pluralistik

Denis Riantiza Meilanova
Jum'at, 13 September 2019 - 13:27 WIB
Nina Atmasari
Donald Trump Sebut Habibie Luar Biasa dalam Menjaga Persatuan dan Tradisi Pluralistik Presiden AS Donald Trump menghadiri pertemuan dengan sejumlah perwakilan media sosial di Gedung Putih, Washington DC, AS, Kamis (11/7/2019). - Reuters/Carlos Barria

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -  Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie atau B.J. Habibie wafat. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump turut berduka atas meninggalnya Habibie.

"Presiden Donald J. Trump dan Ibu Negara Melania Trump turut berduka bersama rakyat Indonesia atas meninggalnya mantan Presiden B.J. Habibie," demikian pernyataan Gedung Putih yang dirilis oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia, Jumat (13/9/2019).

Advertisement

Melalui pernyataan tersebut, Trump mengenang Habibie sebagai tokoh yang menjalankan kepemimpinan yang luar biasa di tengah tantangan berat ketika berakhirnya pemerintahan Presiden Soeharto pada 1998.

"Dr. Habibie menjalankan kepemimpinan yang luar biasa dalam menjaga persatuan dan tradisi pluralistik di Indonesia, serta dalam mengantar kemunculan negara ini menjadi salah satu negara demokrasi yang hebat di dunia," tulis Gedung Putih.

Habibie juga dipandang sebagai seorang insinyur yang berhasil dan akan dikenang kontribusinya bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia, termasuk industri penerbangan dalam negeri. Gedung Putih memandang bahwa berbagai pencapaian Habibie tersebut bisa menjadi contoh luhur bagi masyarakat Indonesia.

B.J. Habibie meninggal dunia dalam usia 83 tahun pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto Jakarta.

Almarhum sebelumnya menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September. Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal. Habibie dimakamkam di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis (12/9/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jaring Bakal Calon Bupati Pilkada, PKS Kulonprogo: 3 Kader Internal, 6 Tokoh Masyarakat

Kulonprogo
| Selasa, 16 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement