Demi Kedamaian, Jenderal Tito dan Marsekal Hadi Berkantor di Papua

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. - Suara.com/Arga
02 September 2019 12:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Mulai Senin (2/9/2019), Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan berkantor di Papua. Keduanya akan menemui sejumlah tokoh penting untuk meredam situasi yang memanas di Bumi Cendrawasih.

Hal itu dikatakan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Polisi Muhammad Iqbal di Gedung Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (2/9/2019). Iqbal mengatakan Kapolri dan Panglima TNI akan berangkat ke Papua sore ini guna melakukan pengendalian keamanan dan berdialog dengan tokoh penting di Papua.

"Rencana pukul 16.00 WIB untuk melakukan beberapa pengendalian dan juga dialog dengan beberapa tokoh yang dianggap sangat penting," ujar Iqbal.

Menurut dia, tujuan dari apa yang akan dilakukan Kapolri dan Panglima TNI yakni untuk menjamin keamanan. Meskipun kekinian Iqbal mengklaim bahwa situasi dan kondisi di Papua dan Papua Barat telah relatif kondusif.

"Jadi semua masyarakat Papua maupun Papua Barat itu dapat beraktivitas seperti sediakala dan juga melakukan kepastian pelaksanaan penegakan hukum di situ," ujarnya.

Iqbal mengungkapkan rencananya Kapolri dan Panglima TNI akan berkantor di Papua selama 4 hingga 10 hari ke depan. Hal itu pun masih tentatif dengan melihat perkembangan situasi ke depannya.

"Tergantung dengan situasi dan kondisi Papua dan seluruh wilayah Indonesia karena tanggung jawab Panglima TNI dan Kapolri seluruh Indonesia," tandasnya.

Sumber : Suara.com