Jelang Munas, Airlangga Hartarto Peroleh Dukungan DPD Golkar Jateng-DIY

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto hadir dalam deklarasi bersama sejumlah tokoh senior Golkar lainnya di Yogyakarta, Jumat (3/8/2019) malam. - Harian Jogja/Sunartono.
03 Agustus 2019 03:37 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Tengah (Jateng) dan DIY menyatakan dukungan kepada Airlangga Hartarto untuk maju menjadi calon Ketua Umum (Ketum) Golkar dalam munas yang akan digelar Desember 2019 mendatang. Dukungan itu secara resmi disampaikan melalui deklarasi yang digelar di Hotel Grand Aston Yogyakarta, Jumat (2/8/2019) malam.

Deklarasi dukungan itu dihadiri sejumlah tokoh senior Golkar, seperti Agung Laksono yang juga Ketua Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung. Tokoh Golkar yang juga Menteri Sosial Gumiwang Kartasasmita juga tampak hadir dalam pertemuan politik itu. Deklarasi itu dilakukan dengan memberikan berkas berisi tandatangan setiap DPD kepada Airlangga Hartarto.
Ketua DPD Golkar Jateng Wisnu Suhardono mengatakan, dalam deklarasi itu ada 32 DPD tingkat II Jateng yang hadir menyatakan dukungan kepada Airlangga Hartarto, sedangkan tiga DPD tingkat II lainnya memilih absen. Pihaknya telah melakukan rapat pleno dan hasilnya memberikan dukungan kepada Airlangga Hartarto dengan berbagai pertimbangan. Pleno itu bersifat mengikat, bersepakat untuk memenangkan Airlangga menuju kursi Ketua Umum Golkar periode 2019-2024.

Ia mengakui, selama menjabat sebagai Ketum Golkar, Airlangga secara serius bekerja untuk partai, namun ia tidak menampik masih ada yang perlu diperbaiki selama kepemimpinan Airlangga. “Saya melihat sendiri selama beliau [Airlangga] memimpin Golkar bekerja keras di Jawa Tengah, meski pun butuh perbaikan bersama. Tetapi hasilnya memang kurang optimal, inilah yang harus kita selesaikan dan cari solusinya,” ungkapnya.

Ketua DPD Golkar DIY Haryadi Suyuti memastikan, DPD I dan DPD II Golkar seluruh DIY sudah mendeklarasikan diri menyatakan dukungan kepada Airlangga Hartarto. Dukungan itu diberikan bukan hanya untuk kepengurusannya yang saat ini namun juga kepengurusan periode selanjutnya. “Dukungan ini bukan hanya dari pengurus DPD I dan DPD II seluruh DIY tetapi sampai ke bawah juga memberikan dukungan,” katanya.

Ketua Umum Kosgoro Agung Laksono menambahkan, Munas Golkar harus berjalan dengan baik. Ia meminta kepada seluruh kader agar menjaga iklim kondusif. Mantan Menkokesra ini mengingatkan, banyak partai yang berdiri, asal-usulnya dari Golkar, oleh karena itu Golkar menjadi perhatian khusus bagi semua pihak. Dukungansengaja diberikan Airlangga karena dinilai sebagai sosok yang akan membawa Golkar lebih baik ke depan.

“Yang paling utama adalah bagaimana menjadikan beliau [Airlangga] sebagai pemenang yang terhormat dan bermartabat, saat ini sudah ada sekitar 500 [DPD] yang mendukung, ini harus konsisten tetap mendukung sampai hari H [pelaksanaan munas],” ujarnya.

Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung dalam kesempatan itu berpesan kepada Airlangga terkait perolehan suara Golkar harus terus ditingkatkan. Mengingat dalam beberapa kali pemilu sempat mengalami penurunan perolehan suara, sehingga menjadi pekerjaan rumah ke depan. Namun Airlangga juga telah mampu membawa Golkar bertahan di posisi tiga besar. Ia optimistis Golkar akan lebih baik di kepemimpinan Airlangga Hartarto.
“Ketika saya melihat hasil survei yang hasilnya Golkar berada di bawah PKB, saya sedih dan saya ingin turun langsung, saya kirim surat ke DPD bahwa kita harus lebih giat lagi, dan saat ini Golkar masih bisa bertahan di tiga besar,” ucapnya.

Airlangga Hartarto menyatakan ia mendapatkan dukungan hampir semua DPD di seluruh Indonesia, sehingga amanah itu akan dijalankan sebaik-baiknya. Ia meminta kepada para kader tetap menjaga kekompakan sebagai wujud Golkar yang memiliki kader militan dan berani. Selain itu ia berpesan kepada semua kader dan pengurus partai tetap memberikan dukungan kepada Presiden Terpilih Joko Widodo dan Wapres Terpilih Ma’ruf Amin,” ungkap dia.