Advertisement

Nasdem: Kerja Sama Parpol Pendukung Jokowi dan Prabowo Bisa Terjadi di Legislatif

Lalu Rahadian
Sabtu, 27 Juli 2019 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Nasdem: Kerja Sama Parpol Pendukung Jokowi dan Prabowo Bisa Terjadi di Legislatif Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo (kiri) menerima ajakan swafoto pendukungnya usai pertemuan dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) di Jakarta, Jumat (26/7/2019). Parpol koalisi pengusung pasangan Jokowi-Amin sepakat untuk membubarkan TKN. - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Kerja sama bisa terjalin antara partai politik pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno namun dengan syarat dilakukan di luar kabinet. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate.

"Kerja sama politik non kabinet akan dibuka dengan luas karena menjadi kewajiban seluruh parpol di parlemen untuk mengawal kebijakan yang baik untuk pembangunan negara," kata Johnny di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Jumat (26/7/2019) malam.

Advertisement

Pernyataan Johnny mengisyaratkan kecilnya peluang bagi kader parpol non-pendukung Jokowi-Ma'ruf mendapat bagian di kabinet pemerintahan baru.

Johnny juga sebelumnya menyebut telah memahami keinginan Jokowi agar kabinet nanti diisi orang-orang profesional yang berasal dari parpol atau non-parpol. "Parpol di sini tentu koalisi KIK ya, sudah jelas."

Pernyataan Johnny soal komposisi kabinet pemerintahan baru senada dengan Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus. Dia mengatakan keinginannya agar Jokowi memprioritaskan calon menteri dari parpol anggota KIK dan relawan atau tenaga profesional sebelum mempertimbangkan nama dari parpol non koalisi.

"Seperti Golkar, kalau kami ada, tapi kalau yang dikatakan profesional kami juga ada. Jadi tinggal bagaimana kita melihatnya kan," tutur Lodewijk.

Kabar tentang kemungkinan masuknya kader parpol non-pendukung Jokowi di kabinet baru muncul pasca adanya manuver sejumlah politikus belakangan. Pasca Pilpres 2019, sejumlah petinggi parpol yang dulu mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 telah menemui Jokowi.

Para petinggi itu diantaranya Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Terkini, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menemui Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lebaran Berlalu, Masih Ada Perusahaan di Sleman Belum Bayar THR

Sleman
| Kamis, 18 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement