Sering Dampingi Jokowi dan Megawati, Seskab Pramono Anung Ungkap Perbedaan Keduanya

Presiden Joko Widodo (kiri), Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri (kedua kanan), berjalan bersama usai pertemuan tertutup di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/5/19). - ANTARA/Puspa Perwitasari
04 Juli 2019 16:27 WIB Stefanus Arief Setiaji News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Sekretaris Kabinet Pramono Anung berbagi cerita tentang perbedaan mencolok antara Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo.

Kedua tokoh tersebut memang sesekali sering terlihat bersama untuk berdiskusi atau sekadar makan siang. Pramono sering mendampingi pertemuan tersebut.

Pramono pernah menjadi Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan. Sedangkan saat ini, keseharian Pramono lebih banyak bersama Jokowi.

Menurut Pramono, Megawati merupakan tokoh yang memiliki cara berpikir jangka panjang. Sementara itu, Jokowi memiliki karakter cepat mengambil keputusan.

“Kalau Bu Mega adalah orang yang memikirkan sesuatu itu lebih panjang, jangka panjang begitu. Karena mungkin beliau tertempa sejak kecil untuk itu. Sedangkan Pak Jokowi adalah sesuatu itu harus segera diputuskan dan bisa harian. Itu yang membedakan karakter manajemen kedua-duanya,” ujar Pramono dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet, Kamis (4/7/2019).

Pramono menilai hubungan Megawati dan Jokowi saat ini cukup baik. Demikian pula, relasi Jokowi dengan sejumlah tokoh seperti Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono cukup mesra.

Bahkan, dia menyebut seusai Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 dan putusan Mahkamah Konstitusi (MK), akan banyak ‘kejutan’ yang melibatkan sejumlah tokoh nasional.

“[Hubungan] Bu Mega dengan Pak Prabowo, Pak Prabowo dengan Pak Jokowi. Dan ini menurut saya setelah MK banyak kejutan yang terjadi.”

Sumber : Bisnis.com